Infrastruktur Minim, Daya Saing Merosot

Minimnya infrastruktur akhirnya membuat Indonesia lemah akan daya saing bila dibandingkan dengan negara tetangga. Bahkan, minimnya ketersediaan infrastruktur menyebabkan penurunan peringkat daya saing negeri ini dalam indeks kompetitif dunia. Minimnya infrastruktur membuat biayatransportasi lebih mahal jika dibandingkan dengan negara tetangga.

Infrastruktur jalan yang buruk sudah pasti menghambat ekspansi bisnis, memicu ekonomi biaya tinggi, dan menurunkan daya saing perekonomian. Buruknya infrastruktur menjadi titik lemah iklim investasi dan menurunkan peringkat kemudahan bisnis.

Seperti dirilis Bank Dunia belum lama ini dalam Doing Business 2014, saat ini Indonesia berada pada peringkat ke-120. Sebelumnya pada posisi ke-116 dari 180 negara yang disurvei. Lebih jauh World Economic Forum (WEF) menyebut infrastruktur jalan menjadi masalah terbesar ketiga di Indonesia setelah korupsi dan inefisiensi birokrasi.

Buruknya infrastruktur dan sistem logistik membuat biaya distribusi barang menjadi mahal. Kelemahan infrastruktur juga menjadi penyebab utama lambannya investasi masuk ke Indonesia.

Karena itu, pembangunan infrastruktur sangat diperlukan untuk mewujudkan konektivitas antarwilayah yang dalam jangka panjang bermanfaat menekan biaya logisitik. Biaya logistik sekarang membebani, sekitar 14,08% harus diturunkan menjadi 10% pada 2014. Hal ini berarti pemerintah harus membangun konektivitas antardaerah.

Bagaimanapun juga, infrastruktur yang baik merupakan syarat utama untuk percepatan pertumbuhan ekonomi, menggairahkan sektor riil, mendukung pengembangan manufaktur dan program hilirisasi, serta berperan besar dalam menciptakan lapangan kerja dan mereduksi kemiskinan.

Sebab itu, mau tidak mau, suka tidak suka, pemerintah harus fokus pada pembenahan infrastruktur. Menurut Fox (2004), infrastruktur didefinisikan sebagai “those services derived from the set of public work traditionally supported by the public sector to enhance private sector production and allow for household consumption”.

Pembangunan sarana infrastruktur sangat diperlukan untuk mewujudkan konektivitas antarwilayah yang dalam jangka panjang bermanfaat menekan biaya logisitik. Saat ini, biaya logistik di Indonesia masih termasuk yang tertinggi di dunia yaitu mencapai 14,08%. Untuk menurunkan biaya logistik ini pemerintah harus membangun konektivitas antar daerah dan memperbaiki infrastruktur.

Kita tentu ingat dalam ilmu ekonomi terdapat sebuah Teori Dorongan Kuat (Big Push Theory). Teori ini menyatakan bahwa untuk mempercepat pembangunan ekonomi di suatu wilayah bangunlah dulu infrastruktur, semua yang lain akan berkembang menetes (trickle down effect). Menurut teori ini cara kerja “sedikit demi sedikit” tidak akan mendorong ekonomi pada lintasan pembangunan, tetapi jumlah investasi infrastruktur yang besar menjadi syarat mutlak.

Pertama; pembangunan infrastruktur banyak menciptakan lapangan kerja. Angka pengangguran akan berkurang dan tingkat pendapatan masyarakat meningkat.

Kedua; pembangunan infrastruktur dasar, infrastruktur teknologi, infrastruktur sains secara langsung memengaruhi iklim investasi. Hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan kapital dan aliran investasi. Ketiga; pembangunan infrastruktur sangat menentukan integrasi sosial ekonomi suatu wilayah dengan wilayah lain serta membuka isolasi fisik dan nonfisik.

BERITA TERKAIT

Serap 100% Hasil Rights Issue - DAYA Fokus Kembangkan Bisnis E-Commerce

NERACA Jakarta - PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) melaporkan telah menggunakan seluruh dana yang didapat dari Penambahan Modal dengan Hak…

Infrastruktur: Harapan vs Fakta

Oleh: Dr. Ninasapti Triaswati SE., MSc., Dosen FEB Universitas Indonesia   Tingginya biaya logistik di Indonesia merupakan salah satu kendala…

Depok Fokus Pembangunan Infrastruktur Pada 2019

Depok Fokus Pembangunan Infrastruktur Pada 2019 NERACA Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, menyatakan pembangunan bidang infrastruktur, baik…

BERITA LAINNYA DI EDITORIAL

Tingkatkan Kendali Pusat

Kritik tajam Bank Dunia terhadap sejumlah proyek infrastruktur yang dianggap berkualitas rendah, minim dana, tidak direncanakan dengan baik, rumit, dan…

Perlu Aturan Uang Digital

Di tengah makin maraknya peredaran uang digital, hingga saat ini baik Bank Indonesia (BI) maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terlihat…

Jaga Rasio Utang Sehat

Belakangan ini sejumlah pihak membuat “gaduh” melihat membengkaknya utang pemerintah Indonesia. Meski demikian, total utang Indonesia terus bertambah dari tahun…