Bank ICBC Rilis Obligasi Rp 6,31 Triliun

NERACA

Jakarta – Baik bank asing atau bank lokal, saat ini tengah berlomba-lomba untuk meningkatkan likuiditas modalnya dalam mendanai ekspansi bisnis. Hal inilah yang dilakukan bank dari Cina, Bank ICBC Indonesia menerbitkan obligasi sebesar Rp6,31 triliun atau setara US$ 500 juta.

Deputy Head, Strategic Management and Transformation Office ICBC Indonesia, Surya Wijaya mengatakan, surat utang itu memiliki jangka waktu tiga tahun dan kuponnya 2,2%,”Saat ini, perseroan memperoleh peringkat atau rating Baa2 dengan outlook stabil untuk pinjaman angka panjang dari lembaga pemeringkat internasional, Moody's Investment Services,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Pendanaan dari instrumen obligasi akan meningkatkan penyaluran kredit Bank ICBC Indonesia menjadi Rp32,4 triliun pada tahun ini, naik 30% dibandingkan tahun sebelumnya Rp24 triliun. Aset Bank ICBC Indonesia saat ini sebesar Rp45 triliun. Pada Desember 2014 lalu tercatat Rp39 triliun.

Surya mengatakan, Bank ICBC Indonesia berencana menyalurkan kredit di sektor industri yang berorientasi ekspor, manufaktur, dan infrastruktur. Dana penyaluran kredit ke sektor infastruktur akan meningkat pada 2015 ini.

Presiden Direktur Bank ICBC Indonesia, Shen Xiaoqi, menambahkan obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai pinjaman jangka panjang. "Untuk mendukung pertumbuhan Indonesia, terutama dalam kaitannya dengan proyek jangka panjang," tuturnya.

Obligasi senilai Rp6,31 triliun rencananya akan dibeli pemegang saham utama PT Bank ICBC Indonesia, ICBC Ltd. Sebagai informasi, tahun ini perseroan akan fokus menggarap pasar domestik. Shen Xiaoqi pernah bilang, sebagai komitmen perseroan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, maka di tahun ini akan lebih fokus pada pasar dalam negeri.

Bahkan, demi komitmen tersebut, ICBC limited, induk dari PT Bank ICBC Indonesia akan menambahkan modal sebesar US$ 250 juta. Dengan demikian, total modal Bank ICBC Indonesia menjadi dua kali lipat dari total modal bank dalam tujuh tahun yang lalu,”Hal ini merupakan dukungan besar dari pemegang saham ICBC Ltd, bagi ICBC Indonesia dan juga menunjukkan keyakinan ICBC Ltd akan prospek perkembangan negara Indonesia yang stabil, makmur, kuat dan sejahtera, baik pada saat ini maupun pada masa depan,”ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ICBC Indonesia akan semakin memperhatikan kebutuhan pasar dengan mengembangkan lebih banyak produk dan layanan keuangan yang dibutuhkan dalam pasar domestik dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang baik,”Kami akan bekerja lebih keras, lebih terarah, dan meningkatkan kinerja dalam berbagai pekerjaan termasuk inovasi produk, reformasi prosedur, pelayanan nasabah, ekspansi pasar, manajemen internal, pengontrolan resiko, tata kelola perusahaan yang baik, dan tanggung jawab sosial perusahaan,” ujarnya.

Tak sekedar peningkatan kinerja perusahaan, Shen juga menyatakan komitmennya dalam meningktakan kapasitas karyawan ICBC Indonesia di tahun 2015, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada karyawan yang berprestasi untuk menjalani training perbankan di Tiongkok. (bani)

BERITA TERKAIT

Danai Ekspansi Pembiayaan - Lagi, SMF Terbitkan Obligasi Rp 9 Triliun

NERACA Jakarta – Bila tidak ada aral melintang, tahun ini PT. Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF) berencana menerbitkan surat utang…

Seleksi Calon Direksi Bank BJB, DPRD Tekankan Azas Keterbukaan

Seleksi Calon Direksi Bank BJB, DPRD Tekankan Azas Keterbukaan NERACA Bandung - Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Eryani…

Tingkatkan Investasi, Bank Mandiri akan Pertemukan Investor

    NERACA   Jakarta - Bank Mandiri bersama Mandiri Sekuritas dan Jefferies akan menggelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2019,…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Transaksi Saham di Sumut Masuk 10 Besar

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, transaksi investor pasar modal di Sumut masuk 10 besar nasional…

IPCC Serap Dana IPO Rp 525,28 Miliar

Sejak mencatatkan saham perdananya di pasar modal tahun kemarin, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) telah memakai dana penawaran umum…

Armada Berjaya Bidik Dana IPO Rp39 Miliar

Satu lagi perusahaan yang bakal IPO di kuartal pertama tahun ini adalah PT Armada Berjaya Trans Tbk. Perusahaan yang bergerak…