Kerja Sama Implementasi E-Money - Mandiri dan Secure Parking

NERACA

Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Secure Parking Indonesia bekerjasama dalam mengimplementasikan pembayaran parkir menggunakan mandiri e-money. Peresmian kerjasama dilakukan di Mal Kelapa Gading Jakarta, Rabu (28/1) dan dihadiri oleh Senior EVP Transaction Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, Direktur Utama Secure Parking Rustam Rachmat dan Deputy Executive Director Summarecon Tommy.

Sebagai tahap awal kerjasama, mandiri e-money dapat digunakan di area parkir Mal Kelapa Gading dan La Piazza Kelapa Gading. Selanjutnya, mandiri e-money dapat digunakan untuk membayar parkir di lebih dari 20 area parkir yang dikelola Secure Parking.

Menurut Rico Usthavia Frans, kerjasama pembayaran parkir ini merupakan upaya untuk memperluas dan meningkatkan layanan mandiri e-money sehingga dapat memudahkan masyarakat melakukan pembayaran parkir.

“Kami berharap langkah ini dapat mendukung kelancaran transaksi pembayaran parkir, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat,” kata Rico.

Untuk memberikan nilai lebih kepada pengguna mandiri e-money, sejalan dengan dilaksanakannya peresmian kerjasama penggunaan mandiri e-money untuk pembayaran parkir di area parkir yang dikelola oleh Secure Parking, khususnya di Mal Kelapa Gading dan La Piazza sebagai lokasi pertama yang terimplementasi, maka akan dilaksanakan program promosi berupa Gratis Parkir setiap hari Sabtu dan Minggu (weekend) selama 1 bulan mulai tanggal 1 – 28 Februari 2015 (berlaku untuk 1 jam pertama dan minimal lama parkir 2 jam). Program ini diharapkan mampu menarik pengguna mandiri e-money untuk membayar parkir sehingga dapat meningkatkan transaksi.

Saat ini, mandiri e-money seperti kartu dan gelang e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, Gaz Card dan jenis lain berlogo “e-money”, dapat digunakan dapat digunakan untuk melakukan transaksi di 918 merchant dengan jumlah outlet sebanyak lebih dari 38 ribu unit. Merchant-merchant tersebut antara lain Jalan tol, pembayaran bus (Transjakarta, Trans Jogja dan Batik Solo Trans), Kereta (RaiLink Medan dan Jakarta Commuter Line), Parkir (Quality Parking, Secure Parking dan Parkir Stasiun Reska), toko-toko ritel, SPBU, Restauran cepat saji dan arena rekreasi.

Untuk meningkatkan penggunaan kartu e-money, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan pembayaran elektronik. Secara keseluruhan, hingga Desember 2014 lebih dari 5 juta kartu prabayar Bank Mandiri dengan brand “mandiri e-money” telah beredar di masyarakat. Jumlah itu naik 43% dibanding jumlah kartu yang beredar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, frekuensi transaksi pembayaran yang menggunakan kartu mandiri e-money mencapai 143 juta transaksi sepanjang Januari hingga Desember 2014, tumbuh 27% dibandingkan frekuensi transaksi di 2013. Adapun nominal transaksi kartu mandiri e-money hingga Desember 2014 mencapai Rp1,6 triliun.

Pengguna mandiri e-money dapat melakukan isi ulang kartu di jaringan mandiri atm dengan menggunakan kartu mandiri debit dan kartu debit 74 bank lain yang tergabung dalam ATM Bersama. Disamping itu, masyarakat juga dapat membeli dan mengisi ulang di toko Indomaret, Ceriamart, Alfamart, Alfamidi dan Lawson, Hypermart, 7-Eleven, Superindo, Circle-K dan dan kantor cabang Bank Mandiri. [rin]

Related posts