Upaya Cianjur Kurangi TKW Dapat Dukungan Warga

Sejumlah masyarakat dan LSM (lembaga Swadaya Masyarakat ) di Kab. Cianjur menyatakan dukungannya terhadap upya Pemda Cianjur untuk berusaha mengurangi pengiriman tenaga kerja wanita (TKW) khusus Pembantu Rumah Tangga (PRT) ke Timur Tengah.

Ketua LSM Jerami (Jaringan Ekonomi Rakyat Mandiri), Sugianto mengatakan kepada Neraca, rencana pemda Cianjur untuk mengurangi pengiriman warga Cianjur menjadi TKW di Arab Saudi merupakan langkah positif. Kemudian, berusaha untuk membuka peluang kerja di daerah sendiri atau sekitarnya pun sebagai upaya yang perlu mendapat dukungan semua pihak.

“Kami mendukung upaya Pemda Cianjur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mengurangi pengiriman warga Cianjur menjadi TKW. Alasannya cukup jelas, masih lebih banyak mudaratnya ketimbang maslahatnya. Hanya segelintir TKW saja yang dinilai berhasil dan yang lainnya justru jadi korban,” papar Sugianto.

Dia menyatakan dukungan terhadapa rencana pemda untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Cianjur. Hal itu, lanjutnya, sangat diperlukan untuk melatih atau memberi ketrampilan (skill) bagi setiap calon tenaga kerja.

Related posts