WIKA Beton Operasikan Dua Pabrik Baru

Tahun ini, PT Wijaya Karya Beton (WTON) siap mengoperasikan dua pabrik pemecah batu (crushing plant) di wilayah Bogor dan Lampung Selatan. Nantinya, dengan beroperasinya pabrik tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan precast atau tiang pancang perseroan.

Kata Investor Relation Wijaya Karya Beton, Yushadi, sepanjang tahun lalu, dengan kapasitas produksi beton sebesar 1,7 ton per tahun membutuhkan bahan baku 400 ribu ton split,”Maka dengan beroperasinya dua pabrik ini, total kapasitas produksinya sebesar 700 ton split per jam. Tahun ini target produksi beton kami naik 15%-20%, jadi kebutuhan bahan bakunya juga ikut naik,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk pabrik pemecah batu di Kecamatan Cigudeg, Bogor telah beroperasi. Investasi pembangunan pabrik seluas 34 hektare (ha) tersebut mencapai Rp113 miliar, termasuk biaya pembebasan lahan,”Produksi pabrik ini akan menyuplai kebutuhan tiang pancang di wilayah Jabodetabek. Selain bahan baku beton, kami juga memproduksi screen yang bisa digunakan sebagai bahan baku dari aspal," paparnya.

Sedangkan pabrik pemecah batu kedua yang berada di wilayah Lampung Selatan ditargetkan dapat beroperasi pada kuartal II/2015. Total investasi pabrik seluas 67 ha itu mencapai Rp350 miliar, termasuk pabrik produksi precast dan biaya pembebasan lahannya,”Kami juga berencana membangun satu crushing plant di wilayah Palu, namun masih harus menungggu perizinan dan rencana pembangunan pabrik di Kalimantan Selatan, kemungkinan baru dibangun tahun depan,”kata Yushadi. (bani)

Related posts