Cara Menghindari Kolab/Click1

NERACA. Kemajuan teknologi memang begitu derasanya melanda situasi saat ini. Kemajuan tersebut merupakan dampak dari peningkatan akan permintaan produk teknologi yang mampu memudahkan pekerjaan manusia. Kemudahan yang diperoleh melalui alat dan teknologi tentunya dapat menghemat berbagai budget dan waktu serta tenaga. Tetapi perlu disadari bahwa secanggih apapun produk teknologi tersebut, tetap saja barang tersebut buatan manusia sehingga ada kelemahan-kelemahannya.

Bagi mereka yang memiliki kemampuan dibidang IT, tentunya harus dibarengi dengan sifat yang bertanggung jawab agar menghindari hal-hal negatif dari dampak kemajuan teknologi. Dampak negatif tersebut antara lain adalah, pembuatan virus yang bertujuan untuk merusak atau mengambil keuntungan dari hasil pekerjaan orang lain/duplikasi.

Mungkin beberapa tips ini dapat membantu Anda untuk menghindari Kolab/Click1, juga dapat menghindari perangkat komputer Anda dari serangan dan inveksi dari worm/rootkit khususnya pada jejaring sosial:

Pertama. Usahakanlah untuk tidak meng-klik link yang dikirim kepada Anda dari ID yang tidak dikenal, baik melalui pesan chat FB atau status dan semacamnya.

Kedua. Segera lakukan pemberitahuan kepada teman Anda, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan secepatnya melakukan update dan scan komputer dengan anti virus yang telah terupdate.

Ketiga. Hindari peng-copy-an link atau melakukan pemberitahuan disertai dengan link tersebut. Agar menghindari penyebaran link yang telah terinveksi virus.

Kelima. Bila facebook Anda sedang aktif jangan pernah meninggalkannya dalam keadaan tersebut, sebaiknya non aktifkan terlebih dahulu kemudian bisa di aktifkan lagi.

Kelima. Penggunaan Secure HTTP / HTTPS pada saat Login FB sangat membantu dan menghindari terjadinya penyalah gunaan FB Anda, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya.

Demikianlah tips tersebut, semoga sukses.

Related posts