Dedikasi The Harvest untuk Pengembangan PAUD Jakarta - Program “Make A Change”

Partisipasi swasta dan masyarakat merupakan faktor penting bagi keberlangsungan program-program sosial di sektor pendidikan.

NERACA

Mempertimbangkan adanya kondisi tingginya angka putus sekolah pada anak-anak di usia dini yang masih terlihat jelas di DKI Jakarta, hari ini, The Harvest menyerahkan bantuan untuk pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam bentuk donasi hasil penggalangan program bertajuk “Make A Change”.Sebagai salah satu pastry shop chain terbesar dan tereksklusif di Indonesia, The Harvest mewujudkan program ini sebagai bentuk kepedulian kepada pentingnya peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan terutama di Jakarta.

Kegiatan amal “Make A Change”diluncurkan mulai bulan Juni 2014 di 20 outlet The Harvest yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan Bali. Dari penjualan setiap produk whole cake Avocado Genoa, Strawberry Curd dan Sweet Violet, The Harvest mendonasikan Rp4.000,- untuk program tanggung jawab korporasi di bidang pendidikan.

Setelah berjalan lebih dari enam bulan, The Harvest menyerahkan dana yang berhasil terkumpul kepada Yayasan Pansophia Nusantara, yangmelainkanpendiri dan pengelola Sekolah Cahaya Permata Indonesia yang diperuntukkan bagi anak-anak kurang beruntung di daerah Marunda, Jakarta Utara.

“Kami menyadari bahwa saat ini tingginya angka putus sekolah pada anak-anak usia dini di Indonesia masih tinggi, ini sebabnya kami tergerak untuk mendedikasikan komitmen sosial kami untuk upaya pengembangan pendidikan melalui program penggalangan dana sosial “Make A Change” di 20 outlet kami. Sejak program ini dimulai hingga saat ini telah terkumpul lebih dari Rp130.000.000,- dan telah kami sumbangkan ke Yayasan Pansophia Nusantara untuk didedikasikan bagi pengembangan PAUD bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu di Jakarta Utara,” kata Lal De Silva, Presiden Direktur PT Mount Scopus Indonesia, kelompok usaha yang menanungi The Harvest.

Selain dari penjualan kue, The Harvest juga melakukan donasi melalui kegiatan lucky draw, dengan setiap minimum pembelanjaan Rp300.000,- setiap pelanggan akan mendapatkan tiket lucky draw yang nantinya akan diundi dan mendapatkan kesempatan untuk meraih mobil Mini Cooper. Setiap pemilik tiket lucky draw, para pelanggan juga dapat membeli tiket tambahan sebesar Rp.50.000 untuk meningkatkan kesempatan menang. Jumlah dari seluruh pendapatan tiket tambahan tersebut juga disumbangkan oleh The Harvest untuk kampanye ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada The Harvest dan Mount Scopus Group yang telah memilih Yayasan Pansophia Nusantara sebagai mitra dalam penyelenggaran kegiatan tanggung jawab sosial korporasinya. Besar harapan kami agar lebih banyak lagi korporasi yang mengikuti jejak kemitraan ini,” jelas Millie Stephanie, Treasurer & Co-Founder Yayasan Pansophia Nusantara.

Yayasan Pansophia Nusantara adalah sebuah organisasi yang memfokuskan diri pada pengembangan edukasi anak usia dini di daerah-daerah tertinggal. Bukan hanya edukasi, Yayasan Pansophia Nusantara juga memberikan perhatian terhadap gizi anak-anak tersebut.

Saat ini Yayasan Pansophia Nusantara telah mendirikan dua sekolah gratis yang berlokasi di Kampung Dadap di Tangerang Selatan dan Marunda di Jakarta Utara. Sekolah gratis ini dipertuntukkan bagi anak-anak kurang mampu usia antara 3-6 tahun. Sampai dengan sekarang ada lebih dari 500 anak yang berada di bawah naungan Yayasan Pansophia Nusantara.

Acara penyerahan donasi hari ini dihadiri pula oleh Veronica Tan Tjahaja Purnama, Ketua Tim Penggerak PKK DKI dan penggerak program pengembangan PAUD di provinsi DKI Jakarta. Sebagai salah satu tokoh yang dikenal sangat peduli akan pendidikan, Veronica memberdayakan program PKK di provinsi DKI Jakarta untuk ikut mendukung upaya langsung dalam meningkatkan akses pendidikan anak-anak kurang mampudiJakarta.

Menurut Veronica, pendidikan anak usia dini sangat penting dan telah menjadi salah satu dari 10 program utama PKK, yaitu program pendidikan dan ketrampilan. Sudah menjadi tugas bersama paraanggota PKK provinsi DKI Jakarta untuk mendukung apapun inisiatif swasta dan lembaga swadaya masyarakat yang demi mewujudkan kesejahteraan sosial yang merata.

“Oleh karena itu, saya sangat menghargai dukungan Yayasan Pansophia Nusantara dan The Harvest bagi upaya peningkatan kualitas PAUD yang ada di Jakarta," kata dia

Related posts