Festival Budaya Banjar - Tabalong Ethnic Festival IV

Festival kebudayaan memang masih menjadi salah satu tujuan wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik sampai wisatawan mancanegara. Tabalong Ethnic Festival IV merupakan festival budaya lokal Banjar dan Dayak tahunan yang akan diselenggarakan pada 11-14 Februari 2015 di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Saksikan keindahan tanah Banua Saraba Kawa melalui festival ini.

Harmoni budaya banjar dan dayak ikut tampil dalam event yang bertema "Beauty of Tabalong"ini. Semua itu diwujudkan melalui karnaval, festival film budaya, panggung seni dan gelar budaya Dayak Deah Kampung Sepuluh di Tabalong Ethnic Festival IV.

Karnaval fesyen berbasis budaya akan dihadirkan pada 11 Februari dengan rute awal komplek stadion dan berakhir di Taman Kota Tanjung. Karnaval ini terbuka untuk anak-anak hingga dewasa dan dilombakan, peserta akan menampilkan busana adat atau dayak, juga kostum-kostum unik yang menginterpretasikan tokoh.

Tabalong merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, letaknya sekira 270 km dari Kota Banjarmasin. Daerah ini dijuluki Banua Saraba Kawa yang artinya Daerah Serba Bisa. Saraba Kawa kembali diurai menjadi tiga istilah yaitu: Kawa Baucap (bisa mengucapkan), Kawa Manggawi (bisa mengerjakan) dan Kawa Manyandang (bisa bertanggungjawab).

Cagar Budaya Gunung Batu Babi dan Gua Batu Buli adalah tujuan wisata yang terdapat di Kabupaten Tabalong. Di Pegunungan Batu Buli pada 1999 silam, ditemukan fosil manusia purba berumur kira-kira 6000 tahun dan barang-barang prasejarah berupa alat-alat batu dan perhiasan batu.

Tabalong juga memiliki panorama alam pegunungan, hutan dan sungai yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Ketingkang yang berada di Pegunungan Haliau, Desa Pangelak.

Related posts