Bantu Daerah Terpencil, Kominfo Sebarkan M-Pustika

M-Pustika atau Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas menjadi salah satu cara memberikan informasi ke publik, khususnya di daerah yang terpencil dan susah dijangkau. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali mendistribusikan bantuan berupa kendaraan penyuluhan informasi publik roda empat ke sejumlah provinsi terpencil. Kendaraan ini juga diharapkan bakal terus diberikan secara rutin tiap tahunnya.

Kendaraan M-Pustika ini sendiri ditanamkan beberapa perangkat yang cukup canggih. Mobil Isuzu Pick Up Bison dengan spesifikasi karoseri Blind Van PT Central Auto Comperindo ini dipenuhi beberapa perangkat elektronik seperti LCD Proyektor Merk Infocus type 124 STA, PC Acer Aspire ATC 605 Core 13, Windows 7 Home Basic 32 Bit, Kabel VGA dan Kabel Power CPU 5 Meter, Hub VGA, Modem Merk Huawei E173 dan Paket Internet Quota Minimal 4 GB/1 Bulan,

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga dilengkapi Printer Merk Canon Pixma IP2770, Genset Merk Hatsudenki EC 3000 AVR, Handy Talky Merk MOTORROLA GP3188, DVD Player Merk LG DP 540, Sound System Merk Mixer DA1600SE-BMB, dan juga Camera Digital Merk Nikon CoolPix S5200-Black.

Selain itu mobil ini pun dilengkapi lampu darurat yaitu Emergancy Lamp CMOS HK-86, Pemadam api Merk Yamato 1,2 Kg, Horn Speaker dan Car Amplifier (TOA ZH 615 S), Screen LCD Merk Bright 70”, Stabilizer Merk Samato SVC 3000N Digital, Cable Extention Merk KRISBOW 30 M, Inventer Merk SOUER 1000 Watt, Plasma TV 50” LG 50PB, AC Single Blower Merk Sanden, dan Kursi Putas Merk Chairman SC309.

Adapun daerah-daerah penerima kendaraan penyuluhan informasi publik atau M-Pustika (Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas) yakni Dinas Kominfo Provinsi Papua, Dinas Kominfo Kabupaten Merauke-Papua, Dishub Kabupaten Mandailing Natal-Sumut, Dishub Kabupaten Seram Bagian Barat-Maluku, Dishub Kominfo Kabupaten Kapuas-Kalteng, Badan Komunikasi Informasi Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Kotabaru-Kalsel, Dinas Pariwisata Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Dinas Kominfo Kabupaten Kutai Kartanegara-Kaltim, Dishub Kominfo Kabupaten Mesuji-Lampung, dan Dishub Kominfo Kabupaten Belu-NTT

Menteri Kominfo Rudiantara menyerahkan bantuan hibah berupa 10 unit kendaraan Mobile Pusat Teknologi Informasi Komunitas (M-Pustika) kepada perwakilan Pemerintah Daerah di Ruang Serba Guna Kemkominfo, Jalan Merdeka Barat 9 Jakarta Pusat.

"Rudiantara berharap, dengan bantuan ini dapat mendukung program prioritas yang telah diputuskan Pemerintah Presiden Joko Widodo." minta Menkominfo.

Sepuluh daerah yang menerima bantuan tersebut, Dinas Kominfo Prov Papua, Diskominfo Kabupaten Merauke, DishubKominfo Kab. Mandailing Natal, Dishub Kominfo Kab. Seram Bagian Barat, Dishub Kominfo Kab Kapuas, Bakiasda Kabupaten Kotabaru, Dishubpar Kominfo Kab. Pohuwato, Diskominfo Kab. Kutai Kertanegara, Dishub Kominfo Kab. Mesuji Dishub Kominfo Kabupaten Belu.

Bantuan tersebut merupakan Anggaran Tahun 2014 senilai Rp3,250.794.800. Dengan perunit mobil dan perlengkapan kurang lebih Rp300juta ini. Selain itu, Kemkominfo juga memberikan bantuan berupa program Pembangunan Media Center daerah sebanyak 25 lokasi, serta penguatan MC daerah sebanyak 10 lokasi sebesar Rp6.607.592.200.

Daerah yang penerima program pembangunan media center 2014 adalah Dishubkominfo Kab Talaud, Dishub Kominfo Kota Kupang, Dishubkominfo Kab Batang, Bagian Humas Setda Kab Garut, Dishub Kominfo Kab Pesisir Barat, Dishubkominfo Kab Bulungan, Majelis Ulama Indonesia, dan Lembanga kajian Islam - Al-Karim Kabupaten Agam.

Dalam program bantuan penguatan MC TA 2014 diterima oleh Bagian Humas Setda Kab. Banjar, DishubKominfo Kab Bengkulu Selatan, Bagian Humas Setda Kota Balikpapan, Dishubkominfo Kota Menado. Dishub Kominfo Kota Banda Aceh, Diskominfo Kota Tarakan. Bagian Humas Setda Kabupaten Semarang, Badan Kominfo Kota Batam, Dishub Kominfo Kab Maluku Tenggara, dan bagian humas Setda Kab. Tana Toraja.

Meski demikian, jumlah M-PUSTIKA yang telah didistribusikan masih jauh dari kebutuhan yang ada di lapangan, apalagi masih banyak daerah-daerah di perbatasan atau terpencil yang belum mendapatkan M-Pustika. Menurut data Kementerian Kominfo, 88 kendaraan yang terdiri dari 73 Mobil dan 15 motor telah didistribusikan kepada daerah tingkat I maupun tingkat II. Namun masih belum mencukupi karena perbandingan yang tidak seimbang, dengan jumlah provinsi dan Kabupaten/kota di Indonesia yakni 34 Provinsi dan 508 Kabupaten/kota.

Untuk itu, Kementerian Kominfo membutuhkan dukungan dan sinergi oleh Pemerintah Daerah atau lembaga terkait menjadi "jembatan" atau mitra kerja dalam membangun komunikasi dengan daerah, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara lebih luas kelembagaannya dalam meningkatkan akses informasi untuk kepentingan ekonominya.

Related posts