Eka Sari Lorena Siapkan Capex Rp 80 Miliar

Tahun ini, PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar Rp 80 miliar. Capex tersebut dialokasikan untuk menambah armada baru bus antar kota antar provinsi (AKAP) sekitar 70 unit.

Sekretaris Perusahaan Lorena Andy Porman nmengatakan, penambahan armada bus AKAP jarak pendek atau feeder satelit ini dimaksudkan untuk melayani terminal seperti Bogor-Pulogadung dan Bogor-Kampung Rambutan,”Saat ini, kami sedang mengurus perizinan dengan Pemprov DKI,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, ada sekitar 30 armada feeder satelit yang akan ditambah, dengan nilai investasi Rp 1,5 miliar per unit. “Untuk AKAP jarak panjang, kami juga akan melakukan peremajaan secara organik dengan menambah 25 unit baru. Nilai invetasi per armadanya tidak jauh beda dengan feeder satelit,” ungkap dia.

Dia menambahkan, untuk pendanaan, akan disiapkan dari internal perusahaan dan pinjaman perbankan. Namun, dia belum bisa menyebutkan komposisi pendanaan internal terhadap pinjaman karena sedang dihitung.

Lanjutnya, perusahaan sulit memproyeksikan target pendapatan tahun ini, karena beberapa sentimen negatif, terutama fluktuasi harga bahan bakar minyak (BBM) dan persaingan ketat dengan moda transportasi lain termasuk kereta api,”Pengembangan jalur ganda kereta api di Jawa cukup mengkhawatirkan bagi perusahaan, karena berpotensi mengalihkan pengguna bus ke kereta. Padahal kontribusi paling besar didapat dari armada jalur Jawa,” jelas dia.

Dia mengungkapkan, perseroan sedang mempertimbangkan strategi baru, seperti meluaskan ekspansi ke luar Jawa dan melakukan diversifikasi usaha. “Kami akan mencoba diversifikasi bisnis, namun belum bisa disebutkan di sektor apa. Bisa berhubungan dengan transportasi, bisa juga tidak,” imbuh dia. (bani)

Related posts