Pasar SUV Semakin Bergairah

Penjualan SUV di tahun 2015 ini diyakini masih menjanjikan di Indonesia, sebagai kendaraan alternatif selain sedan dan MPV. Tak cuma bisa memberikan kenyamanan layaknya sedan, tapi juga mampu dipakai di berbagai medan, bahkan ada yang memberikan muatan penumpang layaknya MPV.

NERACA

Melihat peluang pasar SUV yang semakin bergairah PT Honda Prospect Motor resmi meluncurkan versi terbaru Honda CR-V generasi keempat di Indonesia. New CR-V.

"Target ini cukup rasional karena fakta selama ini membuktikkan bahwa penjualan SUV ini terus tumbuh," tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM, di Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Jonfis menambahkan menurut riset HPM calon pembeli CR-V adalah mereka yang berpenghasilan minimal Rp 300-400 juta per tahun. "Jumlah konsumen potensial sangat banyak di Indonesia. Sementara, keunggulan fitur dan performa yang ditawarkan mobil ini sangat cocok untuk mereka," kata Jonfis.

Diantara fitur itu adalah teknologi Nanoe yang berfungsi mematikan bakteri dan menyegarkan udara di kabin mobil. "Dengan teknologi ini kelembaban kulit dan rambut bisa terjadi. Ini sangat penting bagi para wanita," ucapnya.

Selain itu, konsumen itu orang yang mengutamakan kepraktisan dan efisiensi dalam beraktifitas, termasuk dalam menggunakan sarana transportasi khususnya mobil. "Oleh karena itu, kami menambahkan fitur tailgate power," jelas Jonfis.

Wujud teknologi adalah sistem buka tutup pintu bagian belakang secara elektrik. Sehingga, pengguna mobil akan lebih mudah dan praktis saat membuka dan menaikkan atau menurunkan barang bawaan di bagasi. Menariknya, meski bergerak secara elektronik, namun pintu akan berhenti bergerak manakala menemui rintangan, seperti anggota tubuh orang.

Dalam segi keamanan akan tetap terjaga. Ubahan lain di CR-V versi anyar itu adalah, grill yang menggunakan desain baru, lampu utama, bumper belakang hingga bumper belakang yang didesain dengan konsep 'bolden’ sehingga terlihat kokoh dan macho.

Sementara di bagian interior, dashboar, trim pintu menggunakan bahan yang lebih lembut. Pemakaian bahan itu memancarkan aura mewah. Terlebih, Honda melengkapinya dengan peranti audio baru plus dua layar sentuh berukuran 7 inci. Sehingga bisa dioperasikan untuk program yang berbeda.

Sedangkan Honda CR-V dibanderol mulai Rp 395 juta.

Target Penjualan 2015

Jonfis Fandy mengatakan PT Honda Prospect Motor (HPM) menargetkan total penjualan sebanyak 175.000 unit mobil di Indonesia sepanjang 2015.

"Secara keseluruhan kami menargetkan penjualan sebanyak 175.000 unit mobil selama 2015," cetusnya.

Kehadiran New CR-V dan model terbaru lain di segmen SUV, HR-V, yang diperkenalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 pada September 2014 silam dan memasuki pasar pada awal 2015, menjadi salah satu dasar optimisme Honda mencapai target tersebut.

Jonfis mengakui bahwa target yang ditetapkan untuk 2015 juga merupakan target penjualan awal yang sempat ditetapkan untuk 2014, meski tahun lalu setiap bulannya terjadi revisi target dan Honda mengaku puas dengan pencapaian total penjualan sebanyak 154.147 unit mobil yang mereka raih.

Tahun lalu target awal kami jual 175.000 unit, dalam bulan per bulan selalu kami sesuaikan dan kami puas dengan angka total penjualan 154.147 unit pada 2014.

"Tahun ini kami coba naikkan target 175.000 unit lagi dengan hadirnya HR-V, harapannya dengan kehadiran HR-V bisa tercapai, tetapi semuanya tentu tergantung dengan kondisi ekonomi dan lain sebagainya," kata Jonfis.

Selain menghadirkan model baru, Jonfis melanjutkan, Honda akan memperluas jaringan penjualan mereka guna mencapai target penjualan.

Honda menargetkan untuk tahun 2015, mereka bisa memperluas jaringan penjualan menjadi sebanyak 150 diler resmi di seluruh Indonesia.

"Kami sekarang punya 101 diler, dalam waktu dekat kami akan punya 150 diler untuk tahun 2015 ini, yang otomatis akan mendorong penjualan Honda di Indonesia.

Honda menjadi merek yang pertumbuhannya paling tinggi, meroket hingga 73,9 persen sepanjang 2014 dengan total penjualan sebanyak 154.147 unit dibandingkan 91.493 unit yang mereka jual pada 2013.

Related posts