Panasonic Kenalkan Ultra HD Blu-Raytm - Consumer Electronic Show 2015

Panasonic baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan teknologi Blu-ray DiscTM pertama di dunia yang mendukung teknologi terkini seperti 4K dan High Dynamic Range. Teknologi ini diharapkan bisa menjadi standarisasi generasi Blu-ray Disc generasi mendatang (ULTRA HD BLU-RAYTM). Perangkat prototipe ini dipamerkan di Consumer Electronic Show (CES) yang berlangsung pada tanggal 6-9 Januari 2015 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Prototipe ini mengintegrasikan proses video dan teknologi optik yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Perangkat ini mampu memproduksi video beresolusi sangat tinggi 4K (3840 x 2160)/60p/10-bit serta mendukung teknologi terkini lainnya seperti High Dynamic Range. Ini menandakan langkah besar seperti pencerahan maksimum yang tadinya hanya 100 nit menjadi 1.000-10.000 nit.

Guna meningkatkan kekuatan ekspresi, standarisasi BT.2020 Wide Color Gamut yang mampu meningkatkan reproduksi warna dan teknologi kompresi video HEVC (H.265) yang lebih efisien. Blu-ray disc menyalurkan bit sebesar 100Mbps. Semua ini merupakan kemajuan besar dibandingkan dengan pemutar (player) Blu-ray yang ada saat ini serta membuka jalan bagi konsumen untuk dapat menikmati teknologi 4K Ultra HD yang berkualitas tajam dan mendekati kenyataan di rumah mereka.

Sejak pengumuman standarisasi Blu-ray disc pada 2002, Panasonic secara konsisten telah mengambil peran pemimpin dalam standarisasi. Pada tahun 2004, Panasonic meluncurkan perekam Cakram Blu-ray pertama di dunia yang mampu merekam di dua sisi cakram (disc) berkapasitas 50GB. Tahun 2006, Panasonic mengeluarkan perangkat perekam yang bisa memutarkan Blu-ray video dan pada tahun 2008, Panasonic juga mengembangkan teknologi yang bisa merekam gambar 3 dimensi nyata (full HD 3D) ke dalam Blu-ray disc.

Dengan pencapaian-pencapaian ini, Panasonic secara konsisten telah memimpin industri ini dalam pengembangan perangkat Blu-ray. Panasonic telah menggandakan riset dan pengembangan(R&D)-nya guna menyediakan produk-produk konsumen (customers products) yang dapat memberikan pengalaman menakjubkan dan mempengaruhi perasaan pengguna. Panasonic juga akan berpartisipasi dalam pengembangan UHD alliance 4 yang baru terbentuk untuk berkontribusi dalam kemajuan industri 4K (UHD).

Related posts