Rukun Raharja Cari Pinjaman US$ 120 Juta

Guna mendanai belanja modal tahun ini, perusahaan jasa konstruksi migas, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) tengah mencari pinjaman senilai US$ 120 juta dan ditargetkan bisa diperoleh pada kuartal I tahun in,”Kami targetkan pinjaman sudah dapat dicairkan pada kuartal I tahun ini,”kata Sekretaris Perusahaan Rukun Raharja Cindy Budijono di Jakarta, kemarin.

Dia menambahkan, pinjaman yang bersumber dari bank asing dan lokal tersebut diharapkan tuntas secepatnya. Direktur Keuangan Rukun Raharja Djauhar Maulidi sebelumnya mengatakan, penarikan pinjaman ini akan dituntaskan pada kuartal I tahun ini.

Dana ini akan dimanfaatkan untuk membiayai ekspansi di enam wilayah, yakni di Jawa Timur, Tanjung Jabung, Karawang, Semarang, Bali, dan Balikpapan. Perseroan akan membangun pipa transmisi gas sepanjang 20 kilometer (km) di Gresik. Pipa gas tersebut akan menyalurkan 15 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) untuk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Perseroan juga akan membangun pipa transmisi di Tanjung Jabung, Jambi. Pipa ini akan mendistribusikan sebanyak 5 mmscfd ke PLN. Selain itu, di wilayah ini akan dikembangkan fasilitas pengolahan compressed natural gas (CNG). Perseroan akan mendistribusikam sebanyak 12 nmscfd di Karawang ke area komersil, termasuk industri skala kecil dan Tri-Generation Power Plant.

Perseroan akan mendistribusikan sebanyak 20 mmscfd di Semarang. Sementara, untuk di Bali dan Balikpapan akan mengerjakan proyek pendistribusian gas masing-masing 10 dan 20 mmscfd. Ekspansi ini diharapkan mendongkrak pendapatan menjadi US$ 245,74 juta tahun ini, tumbuh 22,65% dibandingkan perkiraan tahun lalu sebesar US$ 200,36 juta. (bani)

Related posts