Empat Fokus Utama LG di Home Entertainment

NERACA

Jakarta - Mengawali tahun 2015, LG mengungkap empat fokus utama perusahaan untuk memperkuat kepemimpinan perusahaan khususnya bagi pemasaran jajaran produk home entertainment di tahun ini. “Kami bertekad menciptakan momentum pertumbuhan lebih lanjut bagi generasi terbaru perangkat elektronik hiburan dalam rumah (home entertainment) dengan memberikan solusi dan layanan inovatif,” ujar Executive Vice President dan CEO LG Home Entertainment Company Brian Kwon, dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (8/1).

Pada saat yang sama, menurutnya, LG pun akan memberi perhatian besar pada hal konvergensi yang memungkinkan keterhubungan lebih baik antara TV dengan perangkat elektronik rumah tangga lain dalam kerangka besar Internet of Things. Empat fokus ini bakal meliputi seluruh lini produk home entertainment yang diproduksinya. Termasuk dalam unit bisnis home entertainment LG yaitu jajaran televisi, produk audio video dan produk IT khususnya monitor.

Sementara empat fokus utama yang dimaksud adalah tekad perusahaan untuk memimpin pasar TV OLED global, memperluas penetrasi LG dalam pemasaran 4K Ultra HD TV dan meningkatkan dominasi dalam memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Disamping itu, kata Brian, perusahaan akan pula memperkuat jajaran produk audio video dan IT.

Khusus untuk memuluskan tekadnya dalam memimpin pasar TV OLED dunia, dirinya mengatakan bakal meluncurkan jajaran baru TV OLED dalam gelaran CES 2015 dengan varian dimensi layar lebih luas diantaranya 77inch, 65inch dan 55inch. Tak hanya memperluas varian besar layar, LG juga bakal menyuguhkannya dengan varian teknologi pendukung yang lebih beragam. Yaitu layar datar, layar melengkung (curved) dan layar flexible.

Sementara dari sisi produksi, LG mendukungnya dengan membangun fasilitas produksi yang didedikasikan khusus untuk TV OLED di berbagai negara. Diantaranya di Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Eropa dan Asia. Sebagai bagian dari rencana besar ini, LG Display sebagai grup perusahaan LG telah menyuntikkan dana sebesar 700 Miliar Won untuk meningkatkan fasilitas produksinya agar dapat memproduksi panel OLED dengan dimensi lebih besar.

Tak terbatas pada LG Display yang telah dikenal sebagai produsen besar bagi kebutuhan panel di dunia, sinergi integrasi antar perusahaan lain dalam grup LG juga bakal dilakukan. Hal ini dibuat demi mendapatkan tingkat harga lebih kompetitif bagi konsumen. Disamping pula memberikan peningkatan pada kualitas komponen dan teknologi dalam proses produksi. “Seluruh upaya ini yang bakal berkolaborasi dengan berbagai kegiatan pemasaran yang agresif diharapkan bakal mampu membawa TV OLED LG kepada lebih banyak orang di dunia,” ujar Brian Kwon lagi.

Mengimbangi tekadnya untuk memimpin pasar TV OLED, pabrikan elektronik konsumer asal Korea Selatan ini pun berjanji bakal lebih memperluas penetrasi pada pasar 4K Ultra HD TV dan memperbesar penguasaan pangsa pasarnya di tahun 2015. Untuk mencapainya, afiliasi bisnis akan dilakukan meliputi di area pengembangan dan riset, perencanaan produk, penjualan dan pemasarannya.

Sementara bicara mengenai kesiapan lini produknya di tahun 2015, LG memperluas rentang produknya dalam pilihan bentang layar mulai dari 40inch hingga 105inch dengan berbagai inovasi terbaru di dalamnya. Termasuk dalam inovasi terbaru ini dengan memperkenalkan 4K Ultra HD TV dengan teknologi Quantum Dot.

Fokus LG untuk penciptaan pengalaman penggunaan lebih baik dilakukan dengan memperkenalkan WebOS 2.0 sebagai platform Smart TV LG. Kwon meyakini versi pengembangan dari platform serupa versi sebelumnya ini bakal berkontribusi besar untuk mempertahankan kepemimpinan LG dalam menciptakan pengalaman penggunaan yang lebih baik dan menarik bagi konsumen. Keyakinan ini setidaknya ditunjukkan dengan mengeluarkan perkiraan penjualan di atas 1 juta unit untuk seri Smart TV LG dengan webOS 2.0 dalam paruh pertama tahun 2015.

Daya Saing Produk

Pada tahun 2015, LG juga berjanji mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan daya saingnya dalam produk audio video dan IT. Langkah-langkah ini termasuk meningkatkan kegiatan pemasaran monitor kelas premium seperti 21:9 UltraWide monitor, monitor layar lengkung dan monitor dengan resolusi ULTRA HD.

LG juga akan fokus pada peningkatan momentum pertumbuhan perusahaan dengan secara aktif memasarkan produk sound bar dan produk audio multi-ruang, yang terus mendapatkan popularitas di kalangan konsumen baru. Pada saat yang sama, LG akan terus mencari peluang bisnis baru dengan memanfaatkan kemampuan teknologi perusahaan dalam konvergensi IT dan inovasi Smart Home berbasis Internet of Things.

Related posts