Bank Kawanua Dukung Pemberdayaan IKM - Manado, Sulawesi Utara

NERACA

Manado - Bank Perkreditan Rakyat Mitra Dana Kawanua (Bank Kawanua) siap memberikan pembiayaan kepada nelayan dan industri kecil menengah (IKM) dalam rangka pemberdayaan nelayan dan pengembangan program kemaritiman di Provinsi Sulawesi Utara.

"Kami mendukung pemerintah dalam program pengembangan kemaritiman melalui pembiayaan kepada nelayan maupun IKM di wilayah pesisir," kata Komisaris Utama Bank Kawanua, Joppy Lamonge di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (6/1).

Joppy mengatakan, pihaknya akan mendorong agar para nelayan dan IKM di pesisir pantai Sulut dan sekitarnya untuk mendapatkan pembiayaan sehingga tingkat kesejahteraannya meningkat.

Selain memberikan pembiayaan, katanya, Bank Kawanua akan melakukan pendampingan dan edukasi kepada nelayan soal perbankan sehingga mereka tidak takut ke bank.

Pihaknya optimistis target tersebut akan tercapai dengan dukungan kerja tim Bank Kawanua. Realisasi rencana itu akan tergantung dari penyerapan pasar. "Jika kondisi pasar baik, realisasi akan lebih dari yang ditetapkan," katanya.

Untuk pencapaiannya, lanjut dia, Bank Kawanua tak hanya menggarap pasar di Kota Manado, tapi akan mencari pasar baru di Sulut.

"Sekarang kami masih melihat desa nelayan baru untuk digarap lagi dan memberikan bantuan lewat pembiayaan dan bantuan peralatan," katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Luctor Tapiheru mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Bank Kawanua. Bank Kawanua merupakan BPR baru di Sulut dan diharapkan dapat mendorong peningkatan kegiatan sektor riil agar lebih maju.

"Dengan pembiayaan yang baik, akan memberikan kontribusi yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Pertumbuhan ekonomi di Sulut, menurut dia, memang jauh di atas angka nasional, namun kualitas pertumbuhannya perlu ditingkatkan. "Karena itu peran perbankan sangat diperlukan," kata Luctor. [ant]

BERITA TERKAIT

Tak Ikut Danai Akuisisi Saham Freeport, Kemana Peran Bank BUMN?

Oleh: Rezkiana Nisaputra Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) sudah memastikan, bahwa empat bank pelat merah tidak akan ikut membiayai proses…

Laba Bank Jatim Tumbuh 5,01%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mencatatkan laba bersih mengalami…

Bank Mandiri Kantungi Laba Rp 12,2 Triliun

NERACA Jakarta – Semester pertama 2018, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatatkan laba bersih Rp 12,2 triliun. Angka ini…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

BI Tahan Suku Bunga Acuan 5,25%

      NERACA   Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 Juli 2018 memutuskan untuk…

Kredit BTN Tumbuh 19,14%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan peningkatan penyaluran kredit sebesar 19,14% secara…

Laba Bank Jatim Tumbuh 5,01%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mencatatkan laba bersih mengalami…