United Tractor Tuntaskan Beli Saham Acset

PT United Tractor Tbk (UNTR) menyelesaikan pembelian saham PT Acset Indonusa Tbk (ACST) senilai Rp 650 miliar. Transaksi tutup sendiri (crossing) saham dilakukan Senin (5/1). Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (5/1).

Disebutkan, crossing saham dilakukan di pasar negosiasi sebanyak dua kali. Jumlah saham yang dipindahtangankan sebanyak 2 juta lot. Harga eksekusi dalam transaksi ini sebesar Rp 3.250 per lembar. Total nilai transaksi pembelian perusahaan konstruksi dan infrastruktur ini mencapai Rp 650 miliar.

Anak usaha PT Astra Internasional Tbk (ASII) itu mengambil alih saham Acset milik PT Loka Cipta Kreasi dan PT Cross Plus Indonesia. United Tractors selanjutnya akan menggelar penawaran tender wajib (mandatory tender offer) kepada pemegang saham Acset yang lain, sesuai dengan peraturan soal pengambilalihan perusahaan terbuka.

Sebelum transaksi sebanyak 38,45% saham Acset dikuasai Cross Plus. Setara 29,75% dikendalikan oleh Loka Cipta, selanjutnya 31% dimiliki investor publik, dan sisanya 0,8 persen dipegang Hilarius Arwandhi. Acset didirikan oleh Ronnie Tan Tiam Seng dan Hilarius Arwandhi pada Januari 1995.

Sebagai informasi, tahun ini UNTR mengalokasikan dana belanja modal (capital expenditure/capex) tidak ada perubahan. Diaman perseroan hanya akan gelontorkan dana belanja modal sebesar US$300 juta. Dari total belanja modal tersebut, sekitar US$250 juta akan digunakan untuk pengembangan unit usaha kontraktor penambangan yang dioperasikan oleh PT Pamapersada Nusantara, khususnya untuk penggantian (replacement) unit alat berat yang sudah usang. Sementara lainnya sebesar US$50 juta akan dialokasikan untuk unit usaha distribusi alat berat dan pertambangan. (bani)

Related posts