UMY Asuransikan Mahasiswa - D.I Yogyakarta

NERACA

Yogyakarta - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengasuransikan sebanyak 5.600 mahasiswa angkatan 2014/2015 dalam rangka memberikan jaminan keselamatan mahasiswa saat melaksanakan kegiatan.

"Asuransi tersebut diberikan karena melihat banyaknya kegiatan mahasiswa yang saat ini sering diselenggarakan, baik di dalam maupun di luar kampus," kata Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sri Atmaja P Rosyidi di Yogyakarta, pekan lalu.

Oleh karena itu, kata dia, UMY mencari mitra agar kesejahteraan mahasiswa bisa terjamin. Untuk itu, UMY menjalin kerja sama asuransi kecelakaan untuk mahasiswa dengan Bumida.

"Sebenarnya UMY juga telah menyediakan Dana Sehat Mahasiswa (DSM), tetapi DSM hanya untuk pengobatan dan rawat jalan. Jadi, kami mencari mitra lagi yang bisa meng-'cover' keperluan mahasiswa selain pengobatan dan rawat jalan," katanya.

Menurut dia, untuk sistem pembayaran asuransi, mahasiswa tidak perlu membayar sendiri ke pihak penyedia asuransi, karena pembayarannya sudah masuk dalam SPP semester mahasiswa.

"Untuk pembayarannya sudah termasuk dalam SPP setiap semester. Jadi, tidak memberatkan mahasiswa dan mahasiswa tidak perlu membayar sendiri ke pihak penyedia asuransi," katanya.

Ia mengatakan asuransi kecelakaan yang diberikan adalah santunan meninggal dunia karena kecelakaan sebesar Rp20 juta, santunan cacat tetap karena kecelakaan sebesar Rp24 juta.

"Selain itu, santunan rawat rumah sakit karena kecelakaan maksimal tujuh hari dalam setahun dengan biaya per hari Rp300 ribu, santunan biaya pemakaman sebesar Rp2 juta, dan santunan kecelakaan tidak cacat tetap sebesar Rp2 juta," katanya. [ant]

Related posts