Target 32 Emiten Optimis Tercapai

NERACA

Jakarta – Tahun baru banyak harapan baru bagi pelaku pasar modal dan termasuk bagi manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berharap tahun ini industri pasar modal bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, termasuk target 32 emiten yang bakal melakukan pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) bisa tercapai.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Ito Warsito mengatakan, pihaknya optimis target 32 emiten bisa tercapai yang di landasi dengan adanya beberapa emiten yang mengundurkan listingnya menjadi tahun ini,”Kita harapkan 2015 dengan baik. Target tahun ini akan tercapai, karena banyak emiten yang mengundurkan pencatatan saham perdananya ke tahun ini. Tantangan 2015 lebih faktor eksternal. Jadi saya lebih optimis," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Ito memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2015 lebih baik, sehingga diyakini akan mampu meningkatkan kinerja emiten. Sementara, untuk emisi tahun ini menurutnya akan lebih besar. "BEI tidak menargetkan tertentu, kami buka untuk semuanya. Tahun ini emisi bisa lebih besar, tapi tergantung emisi penawaran saham tergantung masing-masing emiten,”tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) juga diyakini akan lebih baik dari tahun sebelumnya, menyusul ekspektasi membaiknya ekonomi Indonesia,”Kalau 2014, kinerja bursa dipengaruhi situasi politik di dalam negeri dan eksternal, tetapi 2015 ekonomi diperkirakan sudah semakin membaik dan politik juga kondusif, IHSG akan mendapat sentimen positif,”ungkapnya.

Dia mengemukakan bahwa pertumbuhan IHSG pada 2014 lalu mengalami pertumbuhan sebesar 22,3%, yang merupakan salah satu tertinggi di Asia melampaui bursa saham Thailand, Malaysia dan Singapura. Terkait dengan mata uang rupiah, Ito Warsito menilai bahwa fluktuasinya juga akan mulai stabil pada tahun ini sehingga tidak akan terlalu mempengaruhi kinerja emiten di tengah optimisme ekonomi Indonesia yang positif ke depannya.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan bahwa berbagai tantangan dan peluang telah menanti di 2015 ini, perekonomian global dan domestik yang terus bergerak dinamis, serta dimulainya Era Masyarakat Ekonomi ASEAN, akan memberikan warna bagi perkembangan pasar modal Indonesia kedepan,”Mudah-mudahan kondisi ini akan menjadi cambuk bagi pelaku pasar modal Indonesia untuk tetap optimis dan terus bergerak maju, dalam rangka mendukung perekonomian nasional,”ujarnya.

Sebelumnya, analis MNC Securities Reza Nugraha pesimistis bahwa target emiten baru yang melantai di BEI pada 2015 sebanyak 32 emiten bisa tercapai. Dirinya memperkirakan, jumlah emiten baru yang akan mampu merealiasikan hajatan penawaran umum saham kurang dari target tersebut, atau hanya sekitar 30 emiten baru.

Proyeksi tersebut lantaran target tersebut dinilai terlalu tinggi, mengingat tahun lalu yang hanya mencatat 24 emiten baru atau di bawah target revisi 25 emiten. (bani)

Related posts