Tahura, Trail Running Race 2015

olahraga lari memang menjadi salah satu wisata olahraga yang kini sangat diminati. Tahura Trail Running Race 2015, ajang olahraga yang memadukanrunningdanhiking, akan diselenggarakan di Taman Hutan Raya Ir.H Juanda (Tahura), Bandung, Provinsi Jawa Barat pada 17-18 Januari mendatang. Acara ini membuka 4 kategori yaituhalf marathon trail21k,long course17k,short course10k, serta kelasfamilyyang bisa diikuti oleh 3 anggota keluarga.

Tahura Trail Running Race merupakan kompetisi lari lintas alam dimana medan yang digunakan adalah alam terbuka dengan kontur jalan yang tidak rata dan menantang. Selain itu, peserta juga dihimbau mengantisipasi perubahan cuaca seperti dingin, hujan dan panas. Berbeda dengan kompetisi lari jalan raya,trail runningini menuntut semangat dan stamina yang lebih tinggi.

Setiap nomor akan melewati rute yang berbeda.Short coursememiliki rute yang sama dengan Tahura Trail Running Race 2013 dan 2014,long coursemelewati Curug Maribaya,family coursehanya di sekitar Tahura, sedangkanhalf marathonmelewati Bukit Bintang, Tebing Karaton, serta jalan tanah di Batu Lonceng dan Gua Belanda. Khusus untukfamily course, disediakan pos air di beberapa titik.

Tahura terletak di tengah-tengah Bandung. Ini merupakan kawasan pelestarian alam yang juga berfungsi sebagai paru-paru Kota Bandung. Jaraknya hanya 5 km dari pusat pemerintahan dan mudah dijangkau melalui Terminal Dago (2 km), Ciumbuleuit Punclut (6 km), Padasuka dan Cimenyan (8 km) serta Maribaya dan Lembang (4 km. Terdapat banyak hotel berbintang, wisma dan homestay di sekitar Tahura.

Pohon-pohon yang tumbuh di Tahura memberikan suasana segar untuk pengunjung. Pengalaman berbeda juga akan didapat karena Tahura memiliki Curug Dago, batu prasasti Kerajaan Thailand, panggung terbuka, kolam PLTA, Monumen Ir.H Djuanda, taman bermain, Goa Jepang, Goa Belanda, Patahan Lembang, Curug Omas Maribaya, jogging trek dan masih banyak lagi.

Di Tahura juga terdapat area persemaian yang digunakan untuk kegiatan memproses benih tanaman menjadi bibit yang siap ditanam di lapangan baik untuk pengayaan tanaman, reboisasi atau penghijauan. Persemaian yang dibangun di areal seluas 0,25 hektar, berada di Blok Pakar Tahura.

Related posts