Wisata Indonesia nan Kaya dan Menakjubkan - "Pesona Indonesia”

Memiliki beragam keindahan alam dan beragam kebudayaan serta tradisi yang sangat unik, menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata dunia. “Wonderful Indonesia” dan “Pesona Indonesia” adalah nama-citra yang dipilih Pemerintah sebagaibrandyang mewakili Indonesia di mata dunia sekaligus merepresentasikan kebanggaan masyarakatnya. Keduanya akan dibangun sebagai sebuahbrandyang fokus pada tiga komponen utama, yaitu:culture, nature, dancreative,sebagai pancaran utama Indonesia yang ‘kaya dengan ketakjuban’.

Indonesia atau Nusantara memilikikebudayaanyang memikat dengan tradisi, bahasa dan suku bangsa yang sanggup membuat decak kagum. Keanekaragamanhayatinyapun demikian dengan flora dan faunanya mencapai ribuan jenis, dari heningnya lautan yang penuh warna hingga kemegahan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Selain budaya dan alam, masyarakat Indonesia juga dikenal mampu mencipta beranekakarya kreatifsejak dulu dengan cita rasa seni tinggi sekaligus filosofis.

KebudayaanIndonesia dihidupi oleh suku bangsa yang heterogen, terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua terdapat 270 suku. Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa. Dengan sejarahnya yang panjang bangsa Indonesia adalah daya tarik bagi warga dunia.

Di negeri ini ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus erectus dari masa 1,8 juta tahun yang lalu serta lukisan stensil tangan di Gua Maros, Sulawesi yang berumur 40.000 tahun, tertua di dunia saat ini. Salah satu peninggalan peradaban bangsa ini juga telah diakui dunia, yaitu Candi Borobudur yang merupakan monumen Buddha terbesar yang diperkaya relief indah dengan panjang lebih dari 1 km.

Keanekaragaman hayatiIndonesia amat besar dengan identitas utamanya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Ada sekira 113.466 pulau termasuk 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil serta termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 km² dan panjang pantai sekitar 81.000 km² atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia. Bawah laut negeri ini tak terbantahkan memiliki terumbu karang terkaya di muka Bumi mencapai 18% dari total di dunia, juga hutan bakau terbesar di dunia.

Indonesia juga menjadi rumah binatang purba yang masih hidup saat ini, yaitu Komodo, kadal terbesar di muka Bumi. Ada juga bunga tunggal terbesar di Bengkulu, yaituRaflesia. Indonesia pun memiliki primata terkecil yaitu Tarsier Gunung di Sulawesi yang panjangnya hanya 10 cm. Ikan terkecil di dunia pun ditemukan di rawa berlumpur Sumatera dengan panjangnya hanya 7,9 mm. Di lautan Indonesia setidaknya ada 150 species ikan hiu dan itu terbanyak di dunia.

Karya kreatifmasyarakat Indonesia juga merupakan komponen utama untuk memajukan pariwisata Indonesia. Nusantara adalah rumah lahirnya beraneka karya kreatif, bahkan beberapa diantaranya telah diakui dunia. UNESCO telah mengakui karya kreatif bangsa ini mulai dari batik, keris, wayang kulit, angklung, tari saman, dan lainnya akan menyusul.

Karya kerajinan pun banyak di temukan di berbagai pelosok Tanah Air, seperti dari Sumatera ada songket sebagai sarung tenun emas dan perak terbaik. Di Flores tenunan serupa dibina dengan cara alami bermotifkan sarat filosofi. Begitu juga karya kerajinan kayu dari Bali dan Asmat di Papua menghasilkan perabotan ukir yang memikat, atau bahkan tangan-tangan handal orang Bugis yang mahir membuat kapal layar phinisi kayu terbaik.

Pun demikian, Indonesia kaya dengan kreativitas pertunjukan, festival, dan atraksi wisata buatan di berbagai penjuru Tanah Air yang digelar untuk menghibur wisatawan. Sebut diantaranya ada Sendra Tari Ramayana di pelataran Candi Prambanan atau tarian kecak yang dramatis dan menghibur di Uluwatu, Bali.

Related posts