Tumbuh Kembang Bayi Berkualitas - Cegah Masalah Kulit

Salah satu yang dapat dilakukan orang tua agar mencegah bayi mereka tidak jatuh sakit adalah menjaga kebersihan diri bayi dan mencermati produk-produk yang digunakan. Hal ini yang dituntut bagi orang tua agar cermat memilih produk bayi yang berkualitas.

NERACA

Untuk memastikan kualitas produk bayi dan anak yang baik, maka proses produksi perlu dilakukan dalam lingkungan bersih dari kuman dan mengikuti prosedur proses produksi sesuai dengan standard farmasi.

Produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya dan dalam jangka panjang berakibat negatif bagi kesehatan tubuh bayi. Sistem tubuh yang belum matang dan belum bekerja sempurna membuat bayi tidak memiliki kemampuan sebaik tubuh orang dewasa dalam melawan efek bahan kimia. Di samping itu, residu yang ditinggalkan oleh penggunaan detergen, alkohol dan bahan kimia lainnya dapat membuat kulit bayi menjadi kering dan kemerahan sehingga akan timbul iritasi dan alergi.

Konsultan Tumbuh Kembang Anak RSCM, dr.Rini Sekartini mengatakan, bayi dan anak yang tidak terjaga kebersihannya dapat terjangkit penyakit, seperti ISPA (infeksi saluran pernafasan akut), diare atau sakit kulit. Kebersihan bayi dan balita dimulai dengan mandi, menggunakan air bersih dan sabun sebaiknya air bersih yang mengalir.

“Biasanya mandi 2 kali sehari, pagi dan sore, dan sebelum tidur malam sebaiknya tubuh bayi di seka, dikeringkan dan ganti baju. Selain mandi, biasakan selalu cuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air besar dan kecil, bila kita merawat bayi, berarti orangtua atau pelaku rawat bayi yang cuci tangan,” cetus Rini.

Dr Rini mengatakan, untuk mandi yang tanpa detergen, formula yang mild setelah itu gunakan pakaian bersih dan nyaman, hal ini penting untuk menghindari bayi dan balita terhindar dari penyakit kulit. Hal ini penting untuk terutama untuk bayi dan balita yang kulitnya sensitif. Bila anak berkeringat, segera seka dengan air bersih atau tissue basah, keringkan dan ganti bajunya.

“Peralatan yang digunakan untuk bayi dan balita juga harus terjaga kebersihannya, tidak hanya peralatan untuk makan dan minum, tetapi juga peralatan lain seperti baju, celana, dll. Membersihkan peralatan juga sebaiknya dengan air bersih, bila perlu peralatan makan dapat diseduh dengan air hangat atau panas sebelum digunakan,” pungkasnya.

Penggunaan produk tanpa deterjen dan yang food grade formula, harus diperhatikan oleh orang tua. Produk ini dikatakan aman untuk bayi, termasuk bila produk tersebut termasuk ke dalam mulut, akan aman bagi saluran cerna anak. Tapi orang tua tetap harus mencermati produk-produk tersebut, baca kandungan produk dengan benar, perhatikan tanggal kadaluarsanya, warnanya dan bau produk tersebut. Simpan di tempat yang bersih dan tertutup.

Bila anak atau keluarga memiliki riwayat alergi, perhatikan pula apakah penggunaan produk perawatan bayi ini dapat menimbulkan alergi, terutama di kulit. Perhatikan reaksi kulit bayi setiap kali menggunakan produk tersebut. Bila terlihat gejala alergi, stop penggunaan tersebut.

“Kami tahu setiap ibu ingin memberikan produk yang terbaik bagi anak-anaknya. Di sisi lain kami juga menyadari bahwa kulit bayi masih sensitif sehingga produk yang diperuntukkan untuk mereka harus diproduksi secara cermat, berkualitas tinggi serta aman,” cetus Leny Frenciple, Brand Manager PURE.

Menurut Leny, Pure Hygienic Care dilengkapi dengan teknologi low hazard 0-2 standar internasional dan sebagai pelopor kandungan tanpa detergen SLS atau Sodium Lauryl Sulfate (bahan deterjen), sudah teruji klinis, lulus Hypoallergenic serta pH.5,5 (disesuaikan dengan pH bayi).

Related posts