Persediaan Uang Tunai Dipastikan Aman

Sambut Natal dan Tahun Baru 2015

Senin, 29/12/2014

NERACA

Jakarta - Bank Indonesia memastikan persediaan uang untuk kebutuhan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 sangat mencukupi dari sisi jumlah total maupun per pecahan. Namun kantor-kantor pelayanan kas BI akan tutup untuk sementara waktu mengikuti libur nasional.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Dian Karmila menyatakan, pihaknya akan meningkatkan persediaan uang di seluruh unit kerja kas di Kantor Pusat (KP) dan Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPw DN). Antara lain dengan meningkatkan frekuensi dan kuantitas pengiriman uang dari KPBI.

"Strategi pemenuhan lainnya mempersiapkan moda transportasi dan bekerjasama secara intensif dengan penyedia jasa transportasi darat kereta api dan laut untuk menjamin kelancaran arus distribusi barang," ujar dia di Jakarta, pekan lalu.

Dalam rangka meningkatkan perencanaan pemenuhan kebutuhan uang, terang Dian, telah digunakan koordinasi baik secara intern dengan satuan kerja kas di KP dan KPw BI maupun koordinasi dengan pihak eksternal dan stakeholder terkait.

Terkait strategi peningkatan layanan kas kepada stakeholder, sambung Dian, BI sudah berkoordinasi dengan perbankan dan pihak lain untuk menggali informasi mengenai kebutuhan uang periode Natal dan Tahun Baru, termasuk meningkatkan peran perbankan dalam penukaran uang kepada masyarakat.

Khusus wilayah Jabodetabek, BI menggandeng pihak eksternal dan melakukan kegiatan kas keliling di Kepulauan Seribu (Pulang Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Tidung, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan).

Hal itu termasuk melakukan pemetaan guna mengetahui kebutuhan masyarakat setempat terhadap pecahan uang rupiah. "Kegiatan layanan kas BI tutup pada Kamis (25/12) dan Jumat (26/12) serta Rabu (31/12) dan Kamis (1/1)," tegas Dian. [ardi]