Surga Tersembunyi Di Ujung Sabang - Pantai Sumur Tiga

Bila mengunjungi kota Aceh, jangan lupa datang ke Sabang dan menyambangi keindahan yang alami juga damai dari Pantai Sumur Tiga. Lokasinya sangat menawan hati, terletak di pantai timur Pulau Weh, sekitar 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Pantai ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya.

Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda denganPantai Iboihatau punPantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau seperti kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Pantai jernih dengan air laut berwarna biru kehijauan adalah pemandangan yang sangat menenangkan jiwa. Ditempat ini kita juga dapat temukan begitu banyak benteng sisa Pendudukan Jepang untuk dijelajahi meski sayang kurang terawat.

Tiduran di pasir putihnya, bercengrama dengan orang yang mereka sayangi, berenang di laut jernih, atau berbincang dengan warga setempat, akan menjadi kegiatan pengisi waktu di pantai ini. Untuk berkeliling Pulau Weh atau Sabang maka kita bisa menyewa mobil atau motor agar petualangan menjadi lebih mudah.

Tidak perlu kaget bila kita melihat sekawanan lumba-lumba, ditempat ini memang sering terlihat lumba-lumba dan pastinya aktivitas nelayan saat menangkap ikan dengan bentuk perahu yang berbeda dari kebanyak perahu di Nusantara.Nikmati pesisir pantai yang indah ini dengan mengelilingi kontur bukit hijau dari hutan tropis.

Pantai Sumur Tiga adalah surga untuk kita melakukan aktivitas diving dan snorkling seperti juga diPantai IboihdanPantai Gapang. Pasirnya berwarna putih dan sangat bersih, kontras dengan gradasi laut berwarna biru muda menuju biru tua. Pantai ini juga masih sepi pengunjung dan terbilang bersih.

Kita juga dapat mencoba melakukan aktivitas selancar angin di sini dimana perairan Sabang yang tenang namun berangin kencang sudah pernah menjadi lokasi kejuaraan selancar angin. Cobalah juga memancing di sini karena tak sulit untuk mendapatkan hasil memuaskan. Beberapa souvenir menarik dapat kita temukan di Jalan Perdagangan, Sabang, seperti cenderamata dari batok kelapa hasil karya masyarakat Desa Ie Meulee-Ujung Kareung.

Kita juga dapat membeli oleh-oleh sepert kaos t-shirt yang berdesain unik khas Sabang di Jalan Cut Mutia, Sabang. Ada beragam aneka kudapan khas Sabang di Gampong Wisata Aneuk Laot. Di sini dijual kue kara, sepet kue, dodol, dan peuajoh aceh. Makanan dan minuman di Sumur Tiga cukup lezat dengan menu makanan Eropa dan Indonesia. Harganya pun tidaklah terlalu mahal.

Mengunjungi Sabang, kita akan menemukan beragam makanan olahan laut. Mie aceh dengan kepiting menjadi salah satu olahan yang sangat istimewah dan wajib dicicipi. Mie aceh dikenali dengan ukuran mienya yang lebih besar dibandingkan mie umumnya. Olahan mie biasanya digoreng atau menggunakan kuah. Melengkapi kelezatannya adalah taburan bawang goreng dan emping, nikmati juga segelas es jeruk atau sebuah es kelapa yang nikmat. jangan lupa juga mencicipi kopi aceh, ada banyak warung kopi yang menyediakan kopi aceh dengan cara penyajian yang unik.

Related posts