Ajang Perkumpulan Para Penggiat Gerakan Sosial

Social Movement Festival

Sabtu, 27/12/2014

Rotaract Club Semanggi Jakarta melakukan kegiatan pelayanan masyarakat serta mencoba memberikan peluang berkelanjutan untuk pengembangan profesional terhadap anggotanya.

NERACA

Guna mempertemukan para penggiat sosial dari berbagai komunitas, belum lama ini Rotaract Club Semanggi Jakarta bekerjasama dengan Gen-C menyelenggarakan Social Movement Festival yang ke-4, di Museum Bank Mandiri, Jakarta. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar dan workshop ini turut didukung oleh Museum Bank Mandiri, AMINEF, serta Nuffic Neso.

Tema tahun ini adalah “Improve Your Global Perspectives and Get the Scholarship”. Selain sebagai ajang perkumpulan para penggiat gerakan sosial dari berbagai bidang untuk kembali berkumpul, Social Movement Festival 2014 juga bertujuan untuk memberikan wawasan lebih mengenai cara mendapatkan beasiswa pendidikan di luar negeri.

“Kegiatan Social Movement Festival ke-4 ini menjadi ajang kumpul bersama lagi di antara para penggerak sosial dari berbagai bidang, selain itu, juga sebagai informasi bermanfaat dalam pengajuan beasiswa ke luar negeri,” ujar President of Rotaract Club Semanggi Jakarta, Ria Silaban

Acara seminar dan workshop ini terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Workshop Class, peserta melakukan TOEFL Simulation serta Essay Clinic dari Jessica Angkasa (penerima beasiswa DAAD Public Policy and Good Governance Program) dan Olivia Purba (penerima beasiswa Australia & USA).

Selanjutnya pada sesi kedua, Seminar Class. Pada sesi ini Iman Usman (Master of Arts, International Education Development, Columbia University), Tidar Rachmadi (LPDP Alumni, Master of International Business), dan Citra Chergia (Turkish Government Scholarship and Erasmus Lifelong Learning Programme) hadir sebagai pembicara.

“Saya bergairah untuk menghubungkan pendidikan, kekuatan rakyat, dan penggunaan teknologi untuk mempengaruhi perubahan sosial,” ujar Iman Usman

Acara ini terbuka dan ditujukan kepada para pencari beasiswa yang ingin menambah wawasan serta untuk mengetahui persiapan-persiapan apa saja harus dilakukan dalam mengajukan beasiswa ke luar negeri.

Rotaract (Rotary in Action) Semanggi Jakarta adalah sebuah organisasi pemuda usia 18 sampai 30tahun, berbasiskan komunitas yang disponsori oleh Rotary Club Jakarta RID 3400 Indonesia, yang secara resmi berdiri pada tanggal 25 Mei 1986.

Para anggotanya berasal dari berbagai latar belakang, seperti Corporate Banking, Humas, HRD Pelatihan, Keuangan dan Legal Officer, Diplomat, Agen Iklan, Riset Pemasaran, Konsultan IT, Produser TV, serta pegawai negeri sipil, teknisi, penyelenggara, Guru, Entertainer, Sarjana / Pasca mahasiswa pascasarjana dan banyak lagi.

Motto Rotary Club “Service above Self” adalah pedoman prinsip Rotaract Club Semanggi Jakarta. Tagline dari Rotaract Semanggi Jakarta pada tahun 2012-2014 adalah “Get Aspire, Keep Inspire, Before You Expire!”, berkaitan dengan tagline “Unity through Leaderhip and Professional Service” dari Rotaract District 3400 Indonesia.

Beberapa proyek pelayanan masyarakat yang dilakukan Rotaract Club Semanggi Jakarta adalah terlibat dalam membantu orang-orang di daerah Mampang yang memiliki masalah sanitasi, bekerja dengan anak-anak jalanan, mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak,dan lain-lain.

Pembicara tamu mingguan beserta pembicara dari organisasi Rotaract Club Semanggi Jakarta sendiri memberikan kesempatan terhadap pengembangan profesional, manajemen, dan pelatihan kepemimpinan/workshop kepada para anggotanya

Sedangkan Gen-C adalah wadah komunitas yang mengedepankan media sebagai bagian penting dalam keseharian anak muda Indonesia yang aktif dan kreatif. Memahami kebutuhan anak-anak muda akan Connection, Community, Creation dan Curation, Gen-C menjadi wadah kebebasan berekspresi, memperbanyak kenalan, memperluas koneksi, menjadi trend-setter, memamerkan kreativitas, sharing , serta kesempatan terlibat dalam berbagai event.