Pelaku Industri Otomotif Bidik Pekerja Berkualitas - Hadapi Persaingan Era Pasar Bebas 2015

Kualitas SDM mengambil peranan penting bagi para pelaku industri otomotif untuk bersaing di tataran kawasan dan global.

NERACA

Dalam dekade terakhir ini, tantangan yang dihadapi kaum terdidik di lapangan pekerjaan kian berat.Tantangan yang paling utama adalah tingkat persaingan lapangan kerja yang semakin sempit, sementara dunia pendidikan terus mencetak anak didiknya di semua jurusan.

Belum lagi dengan gempuran teknisi-teknisi handal dari luar yang akan masuk ketika Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diberlakukan. Ya, MEA bakal diberlakukan beberapa hari lagi Saat MEA nanti, Indonesia akan menghadapi gempuran berbagai produk asing yang masuk ke Tanah Air.

Hal serupa turut dialami sembilan negara ASEAN lainnya. Untuk itu, jelang pasar bebas tersebut, sejumlah negara ASEAN tengah 'mempercantik' diri agar dapat bersaing dengan negara lain.Salah satunya adalah dengan penguatan sumber daya manusia (SDM).

Dalam dunia otomotif, semua harus presisi dan butuh profesionalitas. Sedikit saja hasil atau kualitas tak sesuai, nilai produksi itu akan terpengaruh. Oleh karena itu, kerja sama antara industri dan sekolah yang digulirkan pemerintah sejak tahun 1997 terus digenjot oleh produsen otomotif.

Seperti yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan menyelenggarakan Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) yang memberikan kurikulum khusus untuk sejumlah SMK di Indonesia sangat diharapkan untuk terus dikembangkan.

Tak hanya ADM, beberapa produsen mobil atau bahkan sepeda motor di Indonesia lainnya juga sudah menyelenggarakan program serupa. PT Honda Prospect Motor (HPM) misalnya.

Belum lama ini, HPM meresmikan kerjasamaProgram Pendidikan Dasar bagi Teknisi Honda dengan SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri)10 Malang,pada tanggal 10 Desember2014, di Malang, Jawa Timur. Program ini merupakanyang ke-42kalinya bagi HPMdalammelakukankerjasama dengan dunia penddidikan yang ada di Indonesia sejaktahun 2000.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, SMKmerupakan salah satusekolah yang diprogramkan oleh pemerintah untuk memberikan pendidikan pada level menengah, dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang siap kerja dan mampu bersaing dengan sumber daya dari negara lain, terutama di tingkat Regional Asia Tenggara.

“PT Honda Prospect Motor selalu berkomitmen untuk membantu program pemerintah tersebut dengan memberikanProgramPelatihan danPendidikanOtomotif yang ter-updateagar para siswa SMK benar-benar memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia Industri saat ini,” ujar dia

Menandai program kerjasama ini, HPM menyerahkan donasi berupa1 unitEngineSimulator,CommonTools,SpecialTools dan alat ukur, materi pelatihan, serta komponen-komponen sistem kendaraan yang digunakan sebagai materi pendukung pendidikan.

Pendidikan Dasar Teknisi Honda merupakan program pendidikan dasar yang diberikan di SMKN10 Malang, bertujuan untuk mempersiapkansiswa agar dapat menjadicalon teknisi yang nantinya akan diserap oleh industri otomotif, khususnya sebagai teknisi didealer-dealerjaringan Honda.

Program Transfer Teknologi Honda ini dilakukan dengan membuka kelas khusus untuk program Pendidikan Dasar Teknisi Honda dengan beberapa tahapan, seperti memberikantraining dan OJT(On Job Training)kepada guru-guru SMKN10 Malang, menyeleksi siswa-siswa berprestasi dan berkemauan tinggi untuk terjun langsung didunia Industri, dan memberikan training dan OJT kepada siswa-siswa terpilih ke jaringandealerHonda selama jangka waktu minimal4bulan.

Selain itu, dalam program tersebut, HPM juga memberikan bantuan alat peragatrainingyang digunakan dalam proses belajar dan praktek di sekolah, berupa engine Simulator, Komponen sistemsuspensi,rem, Power Steering dan transmisi, ShopManual, CommonTools danSpecialTools, danInformasi teknologi sebagai bahantraining. Tak berhenti disitu, HPM juga memberikan kesempatan kerja kepada para siswa yang termasuk dalam program dijaringanDealer Honda.

“Hal ini sesuai dengan komitmen Honda secara global untuk terus-menerus meningkatkan keterlibatan sumber daya lokal di berbagai area bisnis. Karena itu, kami juga mendorong para siswa dari berbagai bidanguntuktidak ragudalamberkarir di jaringan Dealer Honda,” kata Uchida menambahkan.

Saat ini, pabrik PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi maksimal mencapai200.000 unit per tahun, pabrik PT HPM telah memproduksi produk-produk seperti Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed.

BERITA TERKAIT

Armada Berjaya Bidik Dana IPO Rp39 Miliar

Satu lagi perusahaan yang bakal IPO di kuartal pertama tahun ini adalah PT Armada Berjaya Trans Tbk. Perusahaan yang bergerak…

Optimis Sambut Tahun 2019 - Jababeka Residence Bidik Penjualan Rp 1 Triliun

NERACA Cikarang – Opitimisme pasar properti masih akan tetap tumbuh di tahun ini, mendorong beberapa perusahaan properti genjot ekspansi bisnisnya…

Proyeksi Kemenperin - Berorientasi Ekspor, Industri Perhiasan Dibidik Tumbuh 5 Persen

NERACA Jakarta – Industri perhiasan merupakan salah satu sektor andalan dalam menopang peningkatan nilai ekspor nasional. Oleh karena itu, Kementerian…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Peran Ibu Tak Akan Tergantikan dengan Teknologi

    Peranan ibu dalam mendidik anak tidak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi seperti pada era digital saat ini, kata…

Pendidikan untuk Si Kecil di Era Teknologi

      Pada era millenial seperti saat ini, teknologi digital menjadi realitas zaman yang tidak dapat dihindari. Seiring perkembangan…

Mengapa Anak Usia 7 Tahun Ideal Masuk SD

    Selain kemampuan intelektual, kesiapan mental anak juga harus dipertimbangkan dalam aktivitas kegiatan belajar di jenjang pendidikan Sekolah Dasar…