LG Siap Perkenalkan 4K Ultra HD TV Teknologi Quantum Dot

NERACA

Jakarta - Januari di Las Vegas, Amerika Serikat, LG mengumumkan kesiapannya untuk membawa TV inovasi terbarunya yaitu 4K Ultra HD TV dengan teknologi Quantum Dot. Palet warna lebih luas dan peningkatan saturasi warna dibanding TV LCD konvensional menjadi penawaran utamanya.

“Kemampuan Quantum Dot dalam hal reproduksi warna yang hidup akan membawa kualitas tampilan gambar pada level yang lebih tinggi,” ujar Vice President dan Head of TV and Monitor Division LG Electronics Home Entertainment Company In-kyu Lee dalam keterangannya yang diterima, Jakarta, Selasa (16/12).

Dikatakan Lee, TV dengan teknologi terbaru ini bakal segera tersedia pada tahun depan untuk melengkapi jajaran LG Ultra HD TV dan LG OLED TV lainnya. Teknologi Quantum Dot berupa lapisan film khusus yang berisi kristal berukuran nano dalam ukuran 2 hingga 10 nanometer dari material semi konduktor.

Letaknya yang berada di depan jajaran lampu LCD yang menjadi sumber pencahayaan TV (LCD backlight) akan membuat setiap kristal dalam lapisan ini memancarkan warna berbeda yang bergantung dari ukurannya. Pancaran warna dari kristal inilah yang membuat TV dengan teknologi Quantum Dot memiliki spectrum warna lebih luas yang menawarkan nuansa gambar lebih alami dengan kecerahan lebih tinggi.

Berpadu dengan adopsi panel In-Plane Switching LG, peningkatan akurasi warna dan kecerahannya dikatakan dapat mencapai lebih dari 30% dibanding TV LCD/LED konvensional. “Keberadaan Ultra HD TV dengan teknologi Quantum Dot dalam lini produk TV kami ditambah OLED TV LG yang sebelumnya telah memenangkan berbagai penghargaan bakal memantapkan LG sebagai penyedia TV berteknologi inovatif dengan varian paling luas dalam industri,” ujar In-kyu Lee lagi.

Lebih lanjut ia menyatakan teknologi ini didesain dengan ramah lingkungan. Tanpa ada unsure cadmium atau pun racun yang berasal dari logam berat lain. Pengunjung stan LG di CES 2015 mendatang akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan sendiri sajian gambar menakjubkan dari LG 4K ULTRA HD TV.

Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia Jae Young Lee mengatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan untuk memimpin pasar Ultra HD TV di Indonesia. Pasalnya, belum lama ini, LG telah meluncurkan enam varian bentang layar yang terbagi dalam beragam seri yang ditujukan untuk melayani segmen premium hingga varian dengan harga lebih terjangkau. Beragam seri tersebut diantaranya adalah UB980T, UB850T dan UB820T.

“Semakin lebarnya rentang produk berpadu dengan luasnya jaringan pemasaran, menunjukkan tingkat kesiapan kami dalam melayani bervariasinya kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia akan Ultra HD TV,” ujarnya.

Dia menambahkan, mengusung resolusi Ultra High Definition (3840 x 2160p), TV dalam kategori Ultra HD TV 4K menawarkan rangkaian piksel yang sebanding dengan resolusi empat kali lipat dari Full HD TV yang 1920 x 1080p. Sebagai informasi, ini merupakan resolusi tertinggi di dunia yang diterapkan pada perangkat TV yang ada di pasar sampai saat ini.

Keseriusan LG dalam pemasaran Ultra HD TV 4K di Indonesia sudah mulai terbaca dua tahun lalu. “Dibandingkan pabrikan elektronik lain, LG termasuk yang paling rajin memperkenalkan lini TV dalam kategori Ultra HD TV 4K bagi pasar Indonesia,” ujar Jae Young.

Lebih lanjut Jae Young Lee menyatakan, fokus LG dalam pemasaran Ultra HD TV 4K di Indonesia tak hanya mengandalkan pada lebarnya rentang produk dan keluasan jaringan pemasaran yang dimiliki perusahaan. Lebih dari itu, benaman teknologi terkini di dalam koleksi Ultra HD TV terbaru LG dikatakan menjadi unsur pembeda yang bakal membuat penggunanya mendapatkan pengalaman terbaik yang dapat diberikan dari berbagai inovasi terkini LG.

“Tak sekedar kaya fitur, keseluruhan koleksi ini kami persiapkan untuk menyambut era baru evolusi TV di Indonesia. Disebut evolusi karena Ultra HD 4K akan menjadi tren utama dan tolak ukur baru bagi resolusi tayangan dan televisi untuk beberapa tahun ke depan,” ujar Jae Young Lee.

BERITA TERKAIT

Lexus Kenalkan Teknologi Digital Side-View Monitors

Lexus, belum lama ini memperkenalkan teknologi Digital Side-View Monitors pertama di dunia untuk tipe mobil ES terbaru. Dengan menginstal kamera…

Truk Fuso Siap Gunakan Bahan Bakar Biodiesel 20

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ( KTB) mengatakan truk Mitsubishi Fuso produksi mulai tahun 2016…

Desa Wisata di Tobasa Siap Sambut Pengunjung

Jalan-jalan ke Danau Toba, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi desa adat, salah satunya Desa Wisata Meat, Kecamatan Tampahan di…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Kemendag Percepat Peralihan Minyak Goreng Curah ke Kemasan

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan mempercepat peralihan minyak goreng curah ke kemasan dengan memfasilitasi produsen atau pengemas minyak berbahan baku…

Niaga Online - Regulator Terus Dorong Usaha Mikro Terapkan Usaha E-Commerce

NERACA Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) turut membangun dan menggerakkan…

RI-Ceko Incar Peningkatan Investasi dan Ekspor di Sektor Industri

NERACA Jakarta – Indonesia dan Ceko tengah menjajaki peluang kerja sama ekonomi khususnya di sektor industri. Potensi kolaborasi kedua negara…