Kiat Meminimaliskan Dapur

NERACA.Kegunaan akan ruang dapur begitu penting dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah. Dapur memiliki fungsi yang sangat stategis untuk kehidupan karena disanalah pusat aktifitas hidangan makanan disediakan. Mulai dari bahan mentah menjadi bahan matang dan siap dihidangkan kepada penghuni rumah tersebut.

Kehidupan manusia sangat membutuhkan makanan untuk bertahan hidup adalah suatu hal yang mutlak. Tanpa makanan manusia tidak akan bertahan hidup lebih lama. Makanan diolah pada ruang khusus didalam rumah yang disebut dapur, di mana proses aktifitas memasak sampai hidangan di meja makan/pantry itu terjadi bahkan tempat pencucian/pembersihan dan penyimpanan terjadi diruanng tersebut. ”Saya selalu melihat pada segi tiga dasar dalam konsep desain yaitu, fungsi, konstruksi dan estetika,” menurut Chairul Amal Saptono, arsitek.

Untuk membuat dapur minimalis dirumah Anda maka harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, sebagai bahan pertimbangan bagi Anda untuk membuat dapur minimalis yang sesuai dengan keinginan.

Pertama, konsep sesuai dengan keinginan. Bila hendak membuat suatu model ruang dapur minimalis maka buatlah sesuai keinginan diri Anda. Agar hasil yang diingingkan sesuai harapan berkonsultasi pada pakarnya sehingga kekurangan atau kekeliruan akan sangat minimalis.

Kedua, Budget. Budget atau anggaran yang dibutuhkan untuk membuat dapur minimalis harus di ukur oleh isi kantong Anda. Jadi pengeluaran budget tergantung dari diri Anda sendiri atau kemampuan keuangan yang dimiliki sehingga hal itu tidak memberatkan Anda kedepannya. ”Mulai dari Rp. 500 ribu sampai jutaan rupiah, tergantung dari ide kreatif,” jelas Chairul.

Ketiga, Pemilihan material/konstruksi. Untuk pemuilihan material dapur sesuai dengan konsep yang diinginkan. Bila konsep minimalis bergaya natural maka gunakan konstruksi yang alami, kokoh dan tahan lama.

demikianlah beberapa langkah untuk mempertimbangkan pembuatan dapur dirumah Anda. Semoga berhasil.

Related posts