Layanan Data, Suara dan SMS Bakal Melonjak

Natal dan Tahun baru

Selasa, 16/12/2014

NERACA

Jakarta – Menghadapi periode natal dan tahun baru 2015, dipredikasi beberapa layanan seperti layanan data, SMS dan suara akan mengalami lonjakan trafik. Pada tahun ini, diperkirakan akan terjadi kenaikan pada layanan data sebesar 1,100 Terabyte atau naik 25.99% dibandingkan hari normal. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1.50 Milyar menit atau naik 9.61%, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1.105 Milyar SMS atau naik 14.14% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa di tahun 2014 (968 juta SMS).

Guna mengantisipasi pelonjakan tersebut, Telkomsel telah menyiapkan berbagai langkah salah satunya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register), Telkomsel akan meningkatkan sebesar 214 juta pelanggan (naik 1.2% dari tahun 2013). Kapasitas HLR (Home Location Register) tahun ini masih mencukupi yakni sebesar 303 juta pelangan. Sedangkan jumlah BSC (Base Station Controller) yang mengkoordinasikan beberapa BTS ditingkatkan menjadi 831 buah (naik 8.34% dari tahun 2013), menggunakan kapasitas BSC yang lebih besar. Sementara peningkatan kapasitas OCS (Online Charging System) menjadi 156 juta (naik 20% dari tahun 2013) diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Direktur Utama Alex J. Sinaga mengatakan periode lebaran, natal dan tahun baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakaan periode yang amat penting bagi masyarakat Indonesia. Di saat-saat ini pula lah kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS ataupun data. “Untuk itu di masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang kami berikan bagi para pelanggan,” ungkap Alex, Senin (15/12).

Alex lebih lanjut menjelaskan bahwa layanan data diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, berhubung saat ini pelanggan sangat aktif dalam menggunakan ponselnya untuk berbagi momen-momen keseruan mereka lewat berbagai aplikasi social media dan chatting. Tidak lupa Alex menambahkan bahwa saat ini pelanggan dapat menikmati kualitas mobile broadband terbaik, karena Telkomsel baru saja meluncurkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersial yang melayani Jakarta dan Bali.

Layanan ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, dimana saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya. Untuk tahap awal, dengan lebih dari 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali.

Selain didukung oleh lebih dari 83.000 BTS yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, Telkomsel juga mengerahkan 67 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan selama NARU tetap prima. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 268 armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 1.035 modern channel siaga dan 2.681 outlet siaga, serta didukung pula oleh 77 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Badan Regulasi Telekomunikasi (BRTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperkirakan bahwa liburan natal dan tahun baru akan dijadikan masyarakat sebagai ajang untuk berkomunikasi satu sama lain, baik itu melalui layanan telepon seluler untuk sekedar mengirimkan ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah pun mengimbau agar para penyedia layanan telekomunikasi untuk mempersiapkan diri menjelang dua hari besar tersebut. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada hari besar Natal dan Tahun Baru akan terjadi lonjakan trafik layanan komunikasi. Lonjakan trafik diperkirakan akan terkonsentrasi di pusat wisata, pusat perbelanjaan dan sentra kuliner. Para penyedia layanan telekomunikasi diminta meningkatkan kapasitas layanan milik mereka menjelang Natal dan Tahun Baru, yang meliputi layanan suara, SMS maupun data.