Wisata Agro Perkebunan Teh Gunung Mas Berhawa Sejuk

NERACA - Objek wisata ini terletak di daerah Puncak kabupaten Bogor Jawa Barat. Terkenal sejak jaman Belanda. Lokasinya mudah dijangkau karena dilintasi jalan antara Bogor- Cianjur. Hawanya yang sejuk, indah dan nyaman jauh dari gangguan polusi, sungguh banyak menarik perhatian para wisatawan asing maupun domestik. Apalagi setelah 4-5 tahun terakhir daerah wisata ini telah banyak dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi kebutuhan wisatawan, antara lain penginapan, bungalow, areal kemping, fasilitas olahraga seperti Tea Walk, kolam renang, terbang layang dan lain-lain.

Perkebunan Teh Gunung Mas adalah salah satu unit usaha PT Perkebunan Nusantara VIII (pesero). Terletak di daerah pergunungan yang sejuk di ketinggian 700-1400 m diatas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 18-25 derajat celsius. Karenanya Gunung Mas merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat dan rekreasi atau sekadar melepas lelah penat dari perjalanan atau kesibukan sehari-hari. Lokasinya berjarak 100 km dari arah Bandung dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Atau 80 km dari arah Jakarta menuju Puncak dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Tidak jauh dari objek wisata agro Gunung Mas ini, sebetulnya masih ada objek wisata lain yang cukup menarik untuk dikunjungi seperti: Taman Safari yang berada di Cisarua, Taman Bunga Nusantara yang berada di Cipanas, Taman Wisata Alam Cibodas, Danau Telaga Warna di Puncak, serta Istana Presiden yang berada di Cipanas. Hampir setiap hari terutama pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari liburan sekolah, lokasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan termasuk anak-anak sekolah.

Objek wisata agro Gunung Mas ini menyediakan berbagai fasilitas wisata lainnya seperti Tea walk adalah salah satu objek wisata utama, yaitu kegiatan rekreasi berupa jalan santai mengelilingi areal perkebunan teh. Menikmati hijaunya daun teh yang menghampar laksana permadani , bersatu dengan alam di tengah udara yang sejuk dan jauh dari polusi udara dan kebisingan. Kita juga dapat menyaksikan sendiri bagaimana pemetikan teh. Seorang pemandu akan menemani sebagai guide wisata. Kita bisa memilih rute perjalanan yang diinginkan yaitu 4km, 6km, atau 8 km.Waktu tempuh perjalanan akan berlangsung sekitar 1 sampai 3 jam.

Selain itu fasilitas terbaru, yaitu kolam renang untuk anak-anak dimana orang tua bisa asyik menggunakan fasilitas yang lain untuk orang dewasa tanpa diganggu oleh putra-putrinya. Di areal “Tirta Mas” ini tersedia 2 (dua) buah kolam renang berair sejuk dan segar yang berasal dari mata air pegunungan yang menyehatkan.

Hal yang paling menarik disuguhkan adalah di pabrik teh Gunung Mas. Kita dapat pula menyaksikan bagaimana teh diolah sejak dari daun hasil pemetikan, hingga menjadi teh yang telah kita kenal selama ini, yaitu berupa teh curah maupun teh celup. Kita bisa berkunjung ke pabrik teh ini secara perorangan ataupun kelompok. Kunjungan ini pasti bermanfaat, terutama bagi pelajar dan mahasiswa.

Setelah kita dimanjakan dengan menyaksikan pembuatan teh di pabrik maka kita bisa menikmati secara langsung teh yang diolah tersebut. Bagi wisatawan atau pengunjung yang menyukai minum teh. Tersedia 3 (tiga) buah Café kecil dimana kita dapat minum teh asli produk Gunung Mas sambil kita bersantai bercengkrama dengan keluarga atau teman. Tentu kita akan merasakan perbedaan rasa teh di Gunung Mas ini.

Sedangkan bagi pengunjung yang senang berolah raga, disini disediakan pula berbagai fasilitas seperti: Lapang Tenis, Terbang Layang, serta Kuda Tumpakan yaitu kuda yang bisa kita tumpangi mengelilingi dan menikmati keindahan panorama kebun teh yang telah ditentukan.

Related posts