Jika Perusahaan Menolak Lakukan CSR

NERACA- Tanggungjawab sosial hendaknya telah menjadi kewajiban bagi setiap perusahan demi agar perusahaannya tetap bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Namun apa yang terjadi jika perusahaan dengan tegas menolak untuk melakukan tanggungjawab sosialnya dengan kegiatan CSR?

CSR (Corporate Sosial Responsibility) adalah tanggung jawab perusahaan terhadap dampak yang timbul karena keputusan dan aktivitasnya. Dampak di sini bisa berupa dampak negatif maupun positif. Ketika dampak negatif tidak diurus dengan benar, perusahaan akan berhadapan dengan hukum, yang memiliki batasan-batasan kinerja minimal pengelolaan. Perusahaan juga akan berhadapan dengan masyarakat sekitar yang merasa dirugikan oleh perusahaan karena banyaknya dampak negatif yang muncul.Pemangku kepentingan lain juga akan menunjukkan sentimen negatif terhadap perusahaan. Secara umum, perusahaan yang tidak mengurus dampak negatifnya dengan benar akan mendapat kesulitan dalam beroperasi.

Kalau dampak positif operasinya tidak dikelola dengan baik (dalam hal ini: dimaksimumkan), maka perusahaan akan kehilangan banyak sekali peluang untuk mendapatkan dukungan pemangku kepentingan (investor, pekerja, masyarakat sekitar, organisasi masyarakat sipil, pemerintah, konsumen, dsb.). Misalnya, perusahaan seharusnya bisa memberikan peluang kerja dan bisnis untuk masyarakat sekitar, namun memutuskan untuk memberikannya kepada mereka yang lebih jauh. Maka, perusahaan akan gagal mendapatkan dukungan masyarakat sekitar.

Subjek inti CSR adalah tata kelola perusahaan, HAM (Hak Asasi Manusia), ketenagakerjaan, lingkungan, operasi perusahaan yang adil, isu konsumen, serta pelibatan dan pengembangan masyarakat. Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan yang tidak menjalankan tata kelola dengan baik, tidak menghormati HAM, mengabaikan tenaga kerjanya, nasibnya akan seperti apa?

BERITA TERKAIT

Gelar Ekspansi - Banyak Perusahaan Indonesia Disebut Tertarik Investasi di Afrika

NERACA Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyatakan banyak perusahaan Indonesia tertarik berinvestasi di negara-negara Afrika. Menko Luhut menyatakan, Indonesia…

Gandeng Perusahaan Asal China - MNCN Garap Potensi Pasar Layanan VOD

NERACA Jakarta - Kembangkan ekspansi bisnis di industri media digital, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) terus berpatner dengan berbagai…

Sektor Manufaktur Harus Berani Lakukan Terobosan

NERACA Jakarta – Sektor industri manufaktur dinilai perlu memperbanyak terobosan di tengah ketatnya persaingan dengan pelaku usaha di kawasan Asia…

BERITA LAINNYA DI CSR

Kampanyekan Mulai Bijak Sampah Plastik - Unilever Ubah Peduli Lingkungan Jadi Gaya Hidup

Darurat sampah plastik yang merusak lingkungan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Berangkat dari semangat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan bagian…

Tekan Angka Anak Jalanan - Pemkot Surabaya Berdayakan Jadi Barista

Masalah sosial seperti gelandangan dan anak jalan masih menyelimuti beberapa kota besar di Indonesia, maka dalam rangka menekan jumlah anak…

Cetak Developer Muda - Indosat Gelar Roadshow ID Camp di UNDIP

Indosat Ooredoo melalui program tanggung jawab perusahaan (CSR) pilar pendidikan telah meluncurkan IDCamp, sebuah program yang dirancang untuk mencetak developer/programmer…