Pertamina-Dealgoing Tawarkan Voucher Pembelian

Bahan Bakar Nonsubsidi

Jumat, 12/12/2014
NERACA

Jakarta - Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia konon menjadi salah satu pemicu berkembangnya bisnis e-commerce di tanah air. Tak heran, jika kemudian sejumlah vendor pun berbondong-bondong untuk mendapatkan manfaat dari perkembangan itu. Pertamina Retail, salah satu di antaranya. Di mana dalam upayanya menggenjot penjualan bahan bakar khusus (BBK) atau nonsubsidi, anak usaha PT Pertamina (Persero) menawarkan voucher pembelian pada konsumennya.

Dealgoing.com, sebagai salah satu e-commerce di Indonesia yang dikenal dengan penawaran promo murah dan diskon menariknya pun digandeng untuk menjadi mitra Pertamina Retail dalam hal penjualan Voucher BBK melalui media online. “Kerja sama kami dengan Dealgoing ini sebenarnya sudah cukup lama. Ini adalah salah satu cara Pertamina untuk mengembangkan penjualan BBM non subsidi,” kata Direktur Operasional Pertamina Retail, Romulo Hutapea, di Jakarta, Kamis (11/12).

Lebih lanjut, Romulo menjelaskan, bahwa sebagai tahap awal, kerjasama yang akan berlangsung selama dua tahun ini diharapkan akan mencetak angka setidaknya Rp1 Miliar hingga akhir 2014. Sebagai informasi, saat ini di seluruh Indonesia terdapat sekitar 105 SPBU yang dimiliki dan dikelola Pertamina. Dari jumlah tersebut, 56 di antaranya tersebar di Jabodetabek.

Menurut Romulo, kerjasama itu dilakukan untuk meningkatkan penjualan pertamax. Kerja sama ini dilakukan selama dua tahun. Nilai kontrak per tahunnya mencapai Rp20 miliar.

"Memang pasca kenaikan harga BBM bersubsid ada peningkatan pembelian Pertamax. Karena itu kami juga meningkatkan pelayanan. Kami berikan red carpet bagi konsumen yang membeli Pertamax," ungkap dia.

Dia juga menjelaskan, e- voucer pertamax saat ini berlaku di 105 SPBU milik Pertamina. 105 SPBU itu berada di seluruh Indonesia, namun kebanyakan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat."Untuk kode SPBU milik Pertamina angka kedua itu. Misalnya di Jakarta itu 31. Kami masih berupaya untuk bekerjasama dengan SPBU yang dikelola swasta," ujar Romulo.

Sementara itu, CEO Dealgoing.com, Edward Kim mengatakan sebagai tindak lanjut, Pertamina Retail pun memberikan kuasa penuh, atau dalam hal ini eksklusif, kepada Delagoing dalam hal penjualan Voucher BBM Non Subsidi maupun evoucher melalui situs online Dealgoing dan partner Dealgoing. “Mengingat kerjasama ini bersifat eksklusif. Maka voucher Pertamina nantinya pun hanya bisa dibeli di Dealgoing beserta partner-partnernya,” kata dia.

Saat ini, voucer pembelian tersebut – yang hanya berlaku untuk produk BBM Non Subsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax racing dan Pertamina DEX. hanya bisa digunakan untuk transaksi di SPBU yang dimiliki dan dikelola oleh Pertamina sendiri. Sementara SPBU milik swasta atau perorangan masih belum.“Dengan swasta atau perorangan masih menjajaki. Tapi akan menjadi rencana yang akan datang,” ujar Edward.

Edward pun menyatakan bahwa untuk membeli e voucer Pertamax dapat mengklik www.DealGoing. com. Kemudian klik voucer Pertamax. Nilainya mulai dari Rp25.000 - Rp100.000. Kelebihannya membeli e voucer itu mendapatkan asuransi kecelakaan dan bonus voucer lainnya. Selain itu ada diskon yang berlaku selama tiga hari.

"Saat ini sudah 500 e voucer Pertamax terjual. e voucer pertamax ini tinggal ditunjukkan ke petugas SPBU," jelas dia.

“Program ini mempunyai tema besar, yaitu ‘Deal, Going to Pertamax - Mendukung Program Pemerintah Dalam Hal Penggunaan BBM Non Subsidi,” tambah Edward. [mohar]