Libur Lebaran, Tiga Lokasi Wisata Terbesar Jakarta Padat Pengunjung

NERACA – Walaupun di saat Lebaran ibu kota Jakarta banyak ditinggal warganya untuk melakukan perjalanan mudik, hal itu tidak mengurangi jumlah kunjungan ke objek-objek wisata yang ada di sekitar Jakarta. Untuk itu, sejumlah kawasan wisata di Jakarta pun terus menyiapkan berbagai wahananya untuk menyambut para pengunjung.

Menurut Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman membludaknya tempat wisata yang ada di Jakarta terjadi pada H+2. ”Pengalaman kami, objek wisata di Jakarta akan diserbu pengunjung saat libur Lebaran. Pada hari pertama memang tidak terlalu banyak, karena warga biasanya akan mengunjungi sanak familinya terlebih dahulu,”

Beberapa objek wisata yang biasanya ramai dikunjungi saat Lebaran, di antaranya yakni, Ancol Taman Impian, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dan Monumen Nasional (Monas). Selain itu, objek wisata lainnya yang juga menjadi favorit warga Jakarta yakni, kawasan Setu Babakan, Kota Tua, serta taman-taman kota yang ada di ibu kota.

Seperti diketahui, pengelola Monas memprediksi jumlah pengunjung bisa mencapai 8 ribu orang per hari saat libur Lebaran. Sedangkan pada hari H Lebaran, diperkirakan jumlah pengunjung sangat sedikit, karena hari pertama lebaran umumnya digunakan warga Jakarta untuk bersilaturahmi ke rumah kerabat dan keluarga.

Sementara, pengelola Ancol Taman Impian menargetkan, sebanyak 1,5 juta orang akan mengunjungi kawasan wisata yang berada di wilayah Kota Admisnistrasi Jakarta Utara tersebut. Bahkan, pihak pengelola juga menyiapkan lahan seluas 18 hektar yang khusus dijadikan lahan parkir dan dapat menampung sebanyak 9.000 kendaraan.

Untuk TMR, saat libur Lebaran nanti, pihak pengelola memprediksi jumlah pengunjung setiap harinya mencapai 50 ribu hingga 100 ribu pengunjung. ”Bahkan, bisa lebih dari prediksi kita. Karena selain cocok untuk keluarga, tiket masuk ke TMR juga relatif murah. Sehingga objek wisata ini menjadi salah satu pilihan warga Jakarta yang tidak mudik,” kata Wahyudi Bambang, Kepala Bidang Promosi TMR.

Taman Margasatwa Ragunan

Kepadatan pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mulai terjadi pada H+1. Pengunjung yang adatang sebanyak 75.000 pengunjung memadati tempat rekreasi tersebut. Hal ini disampaikan Staf Seksi Pelayanan Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Tohadi.

Tohadi juga mengharapkan untuk tahun ini pengunjung yang datang ke Taman Margasatwa Ragunan lebih banyak dari tahun lalu.karena menurut keterangannya pada lebaran tahun 2010 bisa mencapai 95.000 orang. ”Ini harapan kami sebagai pengelola tempat ini karena akan menambah income kami,” paparnya.

Tempat rekreasi Ancol

Tempat rekreasi Ancol, Jakarta Utara, nampaknya masih menjadi primadona warga yang ingin mengisi libur lebaran. Di tempat wisata air dan pantai itu, ribuan warga dari berbagai kalangan tampak memenuhi tempat wisata tersebut.

Menurut Manajer Komunikasi Ancol Taman Impian, Metty Yan Harahap, pada hari pertama lebaran ini ribuan pengunjung memadati Ancol, karena kebanyakan warga tidak mudik ke kampung halaman dan memilih untuk berekreasi.

Dijelaskanya, berdasarkan data jumlah pengunjung Ancol pada hari ini hingga pukul 14.00 mencapai 51.076 orang, dengan 4.355 kendaraan roda empat, dan 6.518 kendaraan roda dua. Sedangkan, pada Selasa (30/8) kemarin, jumlah pengunjung mencapai 57.242 orang dengan 6.920 kendaraan roda empat, dan 8.719 kendaraan roda dua.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Hal yang sama juga terjadi di Obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Pada hari Lebaran H+1 saja sudah dibanjiri sekurang-kurangnya 20.000 pengunjung.

Menurut Manajer Informasi TMII, J. Purnawiyaja Alibasa kepadatan pengunjung ini kebanyakkan memang isi oleh masyarakat yang ada di Jabodetabek. ”Sebanyak 30 ribu pengunjung memadati obyek wisata seluas 160 ha itu. ”Hari ini pengunjung semakin meningkat, masuk dari pintu utama, pintu 2, dan pintu 3,” katanya.

Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya selama musim libur lebaran yakni pada 30 Agustus-11 September 2011 jumlah pengunjung yang akan memadati TMII akan mencapai 300.000 orang.

Tahun lalu, membludaknya jumlah pengunjung terjadi pada H+1 hingga H+3 Lebaran. Saat itu, jumlah pengunjung tertinggi pada masa puncak libur Lebaran mencapai 100 ribu orang perhari.

Purnawijaya menambahkan, untuk mengantisipasi hal itu termasuk memastikan jaminan keamanan maka pihaknya menambah jumlah regu pengamanan sebanyak dua Satuan Setingkat Kompi (SSK atau sekitar 200 orang Satpam).

Pihaknya memilih tema "Lebaran di TMII serasa Pulang Kampung" untuk rangkaian acara yang digelar menyambut libur lebaran tahun ini. "Pada pekan Lebaran TMII, pengunjung dapat menikmati wahana-wahana di samping beragam kesenian tradisional dari berbagai daerah di anjungan dan panggung kesenian," katanya.

Sejumlah kesenian yang dipergelarkan di antaranya parade tari nusantara, atraksi kesenian rakyat, musik sambrah Betawi dan Gambus, opera legenda keong emas, opera malam takbir, nada dan dakwah bersama Soneta Fans Club, hingga pameran aneka kerajinan rakyat. “Tiket masuk ke TMII masih tetap Rp10 ribu untuk dewasa,” ujarnya.

Related posts