Peluang Usaha Salon Muslimah

Neraca. Salon kecantikan merupakan salah satu tempatnya kaum wanita untuk mempercantik diri. Sebab, di tempat inilah segala hal yang berkaitan dengan perawatan tubuh mulai ujung rambut hingga ujung kaki tersedia lengkap. Selain itu, salon juga menjadi tempat relaksasi yang nyaman dengan treatment seperti pijat, spa dan pelayanan yang lain.

Dewasa ini, perkembangan salon sangat pesat. Kaum wanita muslim pun telah menempati salah satu porsi utama dalam pangsa pasar ini. Terlihat kini, makin merebaknya berbagai jenis usaha salon khusus muslimah di berbagai kota besar di Indonesia. Baik itu berdiri sendiri, maupun bersistem waralaba. Kebutuhan perawatan tubuh yang lengkap, nyaman, berbasis syariah dan halal kini kebutuhannya semakin dicari para wanita, khususnya wanita muslimah.

Tidak semua salon menyediakan layanan jasa khusus untuk wanita yang berjilbab. Hal tersebut mengakibatkan para muslimah merasa risih dengan tempat salon yang umum dan terbuka untuk laki-laki dan perempuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, salon muslimah dapat menjadi peluang besar. Bahkan, salon muslimah yang dikelola dengan baik dapat menggaet pelanggan bukan hanya dari kalangan muslimah saja, tetapi juga wanita yang tidak mengenakan jilbab.

Bisnis salon muslimah dapat menjadi peluang besar bagi Anda para wanita muslimah yang berminat dibidang kecantikan. Sebaiknya sebelum Anda mendirikan sebuah salon muslimah, carilah pengetahuan syar’i tentang muslimah, lakukan survey terhadap sasaran pelanggan, survey tempat yang akan Anda jadikan tempat usaha salon pertimbangkan lagi apakah perlu menyewa tempat atau cukup memfungsikan ruangan di rumah Anda.

Mempersiapkan tenaga teknis salon, dengan cara perekrutan menyeleksi tenaga kerja yang memang potensial dalam bidang salon dan kecantikan. Cobalah survey kebeberapa salon untuk menentukan standar harga salon, fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Untuk konsumen salon muslimah, diperuntukkan bagi para muslimah yang mengenakan jilbab, namun secara umum bukan hanya dari kalangan muslimah saja, bisa juga para wanita yang tidak menggunakan jilbab yang menginginkan tempat yang nyaman.

Biasanya salon muslimah menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan para konsumennya yang khusus wanita, mulai dari perawatan rambut seperti gunting, cuci, blow, creambath, hair masker, hair spa, rebonding, smoothing, keriting, dan sebagainya.

Perawatan tubuh seperti pijat, lulur, mandi sauna, perawatan dengan aroma terapi, belum lagi manicure, pedicure, dan sebagainya. Serta perawatan atau pelayanan yang lain semisal facial, make up, totok wajah, perawatan pranikah, baju dan pernak-pernik untuk acara pernikahan, perawatan pasca melahirkan, dan lain-lain.

Untuk strategi pemasaran bisnis salon muslimah ini, dapat dilakukan diantaranya melalui media cetak, misalnya menyebar brosur, leaflet, pamflet dan pemasangan iklan. Selain hal tersebut juga bisa dilakukan promosi dari mulut ke mulut. Cara ini sangat cocok sekali bagi para wanita yang memiliki komunitas seperti ibu-ibu PKK, arisan atau pengajian.

Dan salah satu alternatif promosi yang murah adalah melalui media internet, tawarkan jasa salon Anda melalui situs blog, website atau situs jejaring lainnya seperti facebook atau twitter, agar salon Anda semakin mudah diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan salon muslimah, adalah sebagai berikut:

Melakukan promosi melalui media cetak, misalnya melalui brosur, leaflet, pamflet, dan pemasangan iklan. Melakukan promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini masih cocok untuk masyarakat Indonesia yang sangat suka untuk berkumpul. Memberikan harga khusus dan spesial untuk pelanggan rutin. Membarikan diskon pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat pembukaan salon. Membuat kartu nama untuk memudahkan dalam melakukan promosi.

Pada umumnya, hambatan yang biasa terjadi ketika menjalankan usaha salon muslimah adalah asumsi yang berkembang bahwa salon milik kaum menengah keatas. Solusinya Anda mencoba untuk menetapkan harga standar yang tak terlalu mahal bagi pelanggan. Kemudian sertakan daftar harga standar dalam promosi Anda.

Kesulitan mencari tenaga kerja siap pakai kadang juga dapat menjadi kendala. Solusinya, Anda dapat menjadi tenaga teknis sementara waktu. Sementara itu, Anda mencari tenaga potensial lewat kursus kecantikan atau bisa juga didik sendiri. Kemudian hal umum yang selalu menjadi hambatan dalam menjalankan sebuah usaha adalah persaingan. Namun jangan khawatir Anda cukup menyediakan harga yang terjangkau dan layanan ramah pada pelanggan. Kemudian ajaklah mereka untuk mengobrol selama berada di salon.

Related posts