Fajar Wisesa Pangkas Target Penjualan

Produsen kertas PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) memangkas target penjualan tahun ini dari rencana awal sebesar Rp5,7 triliun menjadi Rp5,5 triliun di 2014,”Kondisi pasar lagi bergejolak, sehingga kondisinya tidak sesuai dengan ekspektasi di awal memaksa perseroan untuk menurunkan target penjualan tahun ini,”kata Corporate Secretary PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Marco Hardy di Jakarta, Selasa (9/12).

Menurutnya, kondisi pasar yang sedang mengalami pelemahan menjadi pertimbangan perseroan. Imbasnya, pertumbuhan permintaan kertas diakuinya juga mengalami perlambatan. Sementara untuk pertumbuhan laba, perseroan belum bisa menjelaskan secara detail. Namun, pertumbuhan laba normalnya bisa mencapai 4-5%.

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, kata Marco, cukup berdampak negatif bagi kinerja perseroan, khususnya disaat perseroan melakukan produksi. Adapun pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), lanjut dia, perseroan mengalami rugi kurs disaat pelemahan terjadi.

Namun, kinerja itu disambut baik dengan kegiatan ekspor perseroan yang menyumbang dari hasil penjualan sebesar 10-15%. Kegiatan ekspor perseroan masih mendapatkan hasil yang baik, sehingga bisa membantu rugi kurs tersebut. Tahun depan, perseroan menargetkan penjualan sebesar Rp 6 triliun. (bani)

Related posts