LG Mobile Siap Dukung Layanan 4G LTE

Rabu, 10/12/2014

NERACA

Jakarta - Head of Product Marketing LG Mobile Communications Indonesia, Adinda Nesvia menyatakan bahwa LG Mobile siap untuk menyambut layanan 4G LTE di Indonesia yang diusung oleh salah satu operator terbesar di Indonesia. Kesiapan ini, menurut Adinda, dengan mudah dapat dilihat salah satunya dari ketersediaan rangkaian smartphone LG dengan kemampuan 4G LTE yang telah beredar di Indonesia. “Kami merupakan pabrikan smartphone yang paling siap untuk mendukung layanan 4G LTE di Indonesia,” ujar Adinda seperti dikutip, Selasa (9/12).

Sepanjang tahun ini, LG Mobile tercatat telah memperkenalkan lima smartphone dengan kemampuan 4G LTE di Indonesia. Kelimanya yaitu LG G Pad, LG G2, LG G3 dengan kapasitas ROM 16GB, LG G3 dengan ROM 32GB dan Nexus 5. Terkait dengan rangkaian smartphone LG dengan kemampuan 4G LTE ini, lebih lanjut Adinda menyatakan, kelimanya pun menjanjikan pengalaman optimal bagi pengguna dalam menikmati berbagai layanan multimedia dengan kecepatan 4G LTE.

Hal ini dimungkinkan karena kelima smartphone ini memiliki bentang layar lebar dan kapasitas baterai tinggi sebagai penunjangnya. Sebagai catatan, kelima smartphone LG ini memiliki bentang layar di atas 5inch dengan kapasitas baterai 3,000 mAh kecuali Nexus 5 yang kapasitas baterainya mencapai 2,600mAh. “Bentang layar lebar dan kapasitas baterai tinggi bakal menjadi syarat utama untuk menikmati 4G LTE dengan optimal. Kami memiliki keduanya untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman menyenangkan,” ujar Adinda.

Di sisi lain Adinda menyatakan, siapnya LG G3 sebagai smartphone paling premium andalan LG di tahun ini untuk menerima layanan 4G LTE pun merupakan keistimewaan tersendiri. Hal ini mengingat tak semua pabrikan smartphone telah menanamkan kemampuan 4G LTE bagi seri smartphone premiumnya yang beredar di Indonesia. “Adanya layanan 4G LTE membuat pemilik seri LG G3 bakal dapat lebih mengoptimalkan berbagai fitur istimewa yang telah terdapat di dalamnya,” ujar Adinda.

Ke depannya, Adinda melanjutkan, LG akan terus menambah jajaran smartphone dengan kemampuan 4G LTE yang bakal siap beredar di Indonesia. Berbicara mengenai rencana besarnya ini, Adinda mengaku pihaknya sangat optimis teknologi yang ditawarkan nantinya bakal mendapat perhatian besar dari masyarakat Indonesia. Alasannya, menurut Adinda, LG Mobile memiliki pengalaman dan reputasi baik dalam teknologi 4G LTE di dunia.

Pernyataan ini salah satunya merujuk pada hasil survei yang dilakukan dari TechIPm. Hasil riset Lembaga survey independen yang berfokus di teknologi dan kekayaan intelektual ini menyebutkan, LG memiliki 84% paten LTE sejak 2013. Jumlah ini sekaligus mengukuhkannya sebagai pabrikan perangkat telekomunikasi yang memiliki paten LTE terbesar diantara pabrikan perangkat telekomunikasi bergerak yang beroperasi di Amerika Serikat. Lembaga yang sama juga mengindikasikan, LG memegang 16% dari 404 hak paten atas teknologi esensial dalam LTE yang dirilis United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Tak hanya itu, pengakuan atas digdayanya LG Mobile di ranah LTE pun datang dari pihak lain. Pada tahun 2011, Jefferies & Co sebagai sebuah bank investasi di Amerika Serikat memberikan ranking tinggi kepada LG terkait kepemilikan perusahaan ini atas 23% paten LTE yang ada di dunia. “Dominasi atas paten ini menunjukkan kepemimpinan inovasi perusahaan dalam teknologi LTE yang mendapat pengakuan di dunia. Berbagai inovasi terbaik inilah yang akan menjadi modal besar LG Mobile dalam menyambut hadirnya era baru layanan 4GLTE di Indonesia,” ujar Adinda.

Seperti diketahui, LTE mempunyai kepanjangan Long Term Evolution yang merupakan standard technology jaringan wireless generasi keempat (4G). Kecepatan jaringan 4G ini bisa empat sampai sepuluh kali lipat dibanding kecepatan jaringan 3G. Basis technology yang digunakan dalam 4G tidak selalu sama untuk provider yang berbeda.

Ada juga 4G yang berbasis pada technology WiMax. WiMax mempunyai kepanjangan Worldwide interoperability for microwave access yang berbasis pada standard spesifikasi IEEE 802.116e dan bekerja pada band 2.5GHz. Di USA jaringan 4G ini sudah diberikan oleh layanan Verizon dan AT&T untuk layanan jaringan wireless kecepatan tinggi antara 5 Megabits sampai 12Mbps. 4G LTE sendiri diadopsi pertama kali oleh sebuah perusahaan di Stockholm dan Oslo.

Selain dapat mengirimkan data berkecepatan tinggi, LTE sendiri dapat melakukan multimedia unicast dan servis penyiaraan multimedia. 4G LTE merupakan standar baru sebuah wireless kecepatan tinggi yang berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA. Jika gadget anda mempunyai fitur dukungan terhadap technology 4G LTE, maka anda bisa mengakses data jauh lebih cepat dibanding technology 3G maupun 3,5G.

Dengan speed super cepat, 4G LTE memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satunya soal kecepatan untuk mengunduh. Dengan menggunakan layanan 4G LTE, kecepatan mengunduhnya bisa mencapai 300 Mbps dan upload hingga 75.4 Mbps. Aktivitas akan semakin terbantu dengan adanya jaringan berkecepatan tinggi.