Mahasiswa Perlu Didorong Belajar Wirausaha - D.I Yogyakarta

NERACA

Yogyakarta - Mahasiswa perlu didorong belajar kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa bisnis mereka, kata dosen Universitas Negeri Yogyakarta Aris Fajar Pambudi.

"Oleh karena itu, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) kewirausahaan tingkat lanjut untuk mahasiswa peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)," katanya di Yogyakarta, Kamis (4/12).

Menurut dia, program tersebut merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam sebuah bisnis.

Pemilik kerajinan kertas koran "Dluwang Art" Briane Novianti Syukmita mengatakan dalam berwirausaha perlu terus mencari peluang bisnis melalui pemanfaatan teknologi informasi yang gratis.

"Pelaku usaha perlu mencari peluang bisnis melalui internet baik media sosial maupun blog dan situs penyedia iklan gratis," katanya.

Menurut dia, dalam berwirausaha penting membuat jaringan untuk saling bekerja sama adalah ketika pelaku usaha tidak memproduksi sendiri. Untuk itu pelaku usaha perlu bekerja sama dengan tenaga ahli.

"Sebagai pemilik perusahaan tidak akan bisa menguasai segalanya, tetapi harus tahu dan memastikan semuanya berjalan dengan lancar," katanya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) HR Gonang Djuliastono mengatakan Kadin merupakan wadah pembinaan, komunikasi, dan konsultasi antarpengusaha Indonesia dan antara pengusaha dengan pemerintah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa.

"Manfaat menjadi anggota Kadin dia ntaranya dapat memperoleh konsultasi dan informasi bisnis serta dapat membangun jaringan kerja sama," kata pemilik PT Cipta Wahana Karya (CWK) Yogyakarta itu. [ant]

BERITA TERKAIT

Skema KPBU Perlu Dukungan Kepala Daerah

      NERACA   Lampung - Pemerintah tengah fokus dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Namun yang jadi…

Mahasiswa Kritisi Rencana Kenaikan Tarif Listrik

    NERACA   Jakarta - Listrik salah satu energi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh wilayah…

Konstruksi Infrastruktur Nasional Perlu Tegaskan Komitmen K3

Oleh: Muhammad Razi Rahman Awan hitam sedang menaungi berbagai proyek pembangunan infrastruktur di sejumlah lokasi di Tanah Air, karena adanya…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Taspen Raih Laba Bersih Rp721 miliar

      NERACA   Jakarta - PT Taspen (Persero) sepanjang tahun 2017 mencatat laba bersih sebesar Rp721,73 miliar, tumbuh…

Naik 15,5%, BTN Cetak Laba Rp3,02 triliun

      NERACA   Jakarta - Kinerja PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menunjukan hasil positif sepanjang 2017 dengan…

Penghambat Inklusi Keuangan di Indonesia Menurut Presiden

      NERACA   Jakarta - Presiden Joko Widodo menyebutkan ada dua penghambat perluasan inklusi keuangan di Indonesia, yakni…