BPSDM KP Apresiasi Penerima Adibakti Mina Bahari

Jumat, 05/12/2014

NERACA

Jakarta – Dalam rangka mengapresiasi peran serta aktif dan kepedulian para pemangku kepentingan yang berjasa dan berprestasi dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya di sektor kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB) pada setiap akhir tahun. Pada tahun ini pemberian penghargaan ini dilaksanakan, Kamis (4/12), di Ballroom Kantor Pusat KKP, Jakarta, oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Penghargaan AMB kali ini telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 75/KEPMEN-KP/2014 tentang Penerima Penghargaan AMB Tahun 2014 yang ditetapkan di Jakarta, 2 Desember 2014. Terdapat delapan bidang pada penghargaan ini, salah satunya adalah bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelautan dan Perikanan, dengan berbagai kategori di tiap bidangnya.

Dalam rangka silaturahmi, ramah tamah, dan mengapresiasi pencapaian yang telah diraih, Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) KKP, Suseno Sukoyono, beserta jajarannya menerima para penerima penghargaan AMB Tahun 2014 di bidang Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Kamis (4/12), di Ruang Rapat Utama Kantor Pusat BPSDM KP, Jakarta.

Selain kategori Pemerintah Daerah (Pemda) dan perusahaan perikanan, penerima penghargaan tersebut ditetapkan setelah melalui beberapa tahapan proses penilaian, sehingga mereka dianggap layak untuk mendapatkannya.

Untuk kategori Pemda yang Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Kelautan dan Perikanan diraih oleh Permintah Kabupaten (Pemkab) Bone, Sulawesi Selatan, yang diterima secara simbolis oleh Bupati Bone H. A. Fashar Mahdin Padjalangi. Dukungan ini salah satunya terlihat pada Perjanjian Kerja Sama tentang Pembangunan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan BPSDM KP dan Pemkab Bone pada 2013. Selain itu, BPSDM KP memiliki satuan pendidikan menengah di kabupaten tersebut, yakni Sekolah Usaha Perikanan Menengah Bone, yang didukung oleh Pemda setempat.

Pada kategori Perusahaan Perikanan yang Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Kelautan dan Perikanan diraih oleh PT. Sinar Abadi Cemerlang Jakarta dengan pimpinan Achmad N. Fadjar. Perusahaan ini terbukti telah bersinergi dan bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan dan satuan-satuan pendidikan lingkup BPSDM KP serta menerima banyak lulusan dan peserta didik dari satuan-satuan pendidikan KKP untuk bekerja dan magang di perusahaan tersebut.

Bagi kategori Kelompok Pelaku Utama Berprestasi, sebagai Juara 1 diraih oleh Kelompok Pengolahan dan Pemasar Hasil Perikanan Sentani Foi, Jayapura, Papua; Juara 2 diraih oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mitra Tani, Bogor, Jawa Barat; dan Juara 3 diraih oleh Pokdakan Batang Bunai, Kuantan Singingi, Riau. Selain meraih Juara 1 pada AMB 2014, Sentani Foi telah meraih Juara 1 juga pada final lomba kelompok pendengar, pembaca dan pemirsa (Kelompencapir) Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Kelautan dan Perikanan (Gempita) Tahun 2013.

Kategori terakhir, yaitu Penyuluh Perikanan Pegawai Negeri Sipil Teladan Nasional, sebagai Juara 1 diraih oleh Herlina dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kab. Bogor; Juara 2 diraih oleh Bandung Sihombing dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Langkat, Sumatera Utara; dan Juara 3 diraih oleh Endang Sri Rahayu dari Badan Pelaksana Penyuluhan Konawe Selatan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kab.Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.