Menghadirkan Teras Idaman

Sabtu, 06/12/2014

Teras sebuah hunian memang memiliki peran yang cukup penting dalam memperindah dan mempercantik sebuah hunian. Teras sebuah hunian menjadi muka sebuah hunian, karena itu tidak mudah dalam mendesain sebuah teras. Teras dalam sebuah hunian bisa saja mempercantik dan memperindah sebuah hunian, namun bila tidak selaras, sebuah teras bisa saja akan merusak pemandangan sebuah hunian. Tidak heran kalauteras menjadi gambaran dari karakter atau kepribadian si pemilik hunian.

Sebagain orang memang sering mengabaikan keberadaan teras, padahal teras menjadi penghubung sebelum seseorang memasukirumah. Menikmati secangkir kopi atau teh hangat di teras sambil memandang halaman di depan rumah bisa menjadi pelepas lelah ketika anda pulang dari aktifitas yang melelahkan. Dalam sebuah hunian mungil, teras memiliki fungsinya terasa sangat bermanfaat karena dapat menggantikan ruang tamu.

Kita pun dapat mempercantik sebuah teras dengan beberap furniture tambahan. Beberapa furniture yang menunjang mungkin akan lebih memaksimalkan fungsi teras sebagai tempat bersantai atau menerima tamu. Hbanyak sekali hal-hal yang harus kita perhatikan saat harus memilih furnitureatau ornament lain untuk teras, berikut ini beberapa hal yang penting untuk kita perhatikan.

Sebaiknya pilihlah furniture dengan model yang tidak terlalu berlebihan. Furniture yang berbentuk sederhana akan lebih sesuai untuk teras, keberadaan furniture dengan ornament yang rumit tidak akan maksimal jika hanya untuk teras. Kehadiran dua buah kursi dan satu meja kecil akan cukup untuk di teras kita, karena jika terlalu banyakpun hanya akan membuat teras sempit. Sesuaikan juga ukuran kursi dan meja yang kita pilih dengan ukuran teras yang kita miliki. Pastikan pula jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil.

Sebagian teras memang tidak memiliki atap, karena itu sebaiknya pilihlah furniture yang tahan terhadap beragam cuaca. Keberadaannya di luar hunian tentu saja akan lebih rentan akan kerusakan pada perabot yang kita letakkan di teras. Perubahan suhu dan cuaca akan membuat furniture di teras lebih cepat mengalami kerusakan. Jika furniture yang terbuat dari kayu yang berkualitas dirasa terlalu mahal, kita dapat menggunakan furniture dengan bahan dasar plastik yang kuat menghadapi perubahan cuaca.

Dengan tekstur dan warna yang mirip kayu, sekarang kursi atau meja pun sudah banyak ditemui dan dapat dibeli di toko-toko furniture. Percantik dengan hiasan dan pernak-pernik. Beberapa hiasan bisa kita letakan di dinding di sekitar teras, sebaiknya pilih hiasan atau aksesoris yang tidak terlalu mencolok. Pilihlah aksesoris yang sederhana, karena lokasi teras berada di luar dan tidak terlindungi, menggunakan aksesoris yang mewah dan berharga mahal hanya akan mengundang tangan-tangan jahil yang tidak bertnagggung jawab tertarik untuk mengambilnya.

Letakan taplak meja, di atasnya bisa dihiasi dengan pot kecil yang berisi bunga, atau simpan toples yang berisi aneka permen berwarna-warni. Bantal dengan sarung yang bercorak sederhana bisa diletakan di kursi, jika kursi yang kita gunakan terbuat dari palstik atau kayu yang relatif bertekstur keras, bantal tersebut akan berguna sebagai alas, agar anda bisa lebih betah berlama-lama duduk di teras hunian.

Menambahkan tanaman hidup mungkin akan membuat teras menjadi sejukan. Tempatkan beberapa tanaman hias atau bunga hidup di sudut-sudut teras, itu akan memunculkan kesan segar alami. Lakukan perawatan untuk teras seperti perlakuan pada bagian-bagian hunian lainnya. Membersihkan dan merawat teras secara rutin akan membuat hunian terlihat lebih rapi, karena posisi teras yang berada pada bagian muka dari hunian, karena itu mempercantik dan memperindah teras menjadi suatu hal yang penting.