Mandiri Beri Kemudahan Pemegang Kartu UnionPay

Kamis, 04/12/2014

NERACA

Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbkbekerjasama dengan China UnionPay guna memberikan kemudahan bagi para pemegang kartu UnionPay domestik maupun internasional dalam melakukan transaksi perbankan. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Senior Executive Vice President Transaction Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans, Chief Representative UnionPay International Southeast Asia, Yang Wenhui serta Direktur PT China UnionPay Indonesia, Winarto Widjaja di Jakarta, Rabu (3/12).

Melalui kerja sama ini, para pemegang kartu UnionPay akan dapat melakukan pengecekan saldo rekening serta tarik tunai di lebih dari 15 ribu ATM Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Fitur ini ditargetkan akan dapat dinikmati para pemegang kartu UnionPay per Desember 2014.

Rico menjelaskan, kerjasama ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memacu bisniselectronic bankingserta memenuhi kebutuhan masyarakat atas alat pembayaran yang nyaman, cepat dan handal. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan akan bersifat resiprokal, dimana nantinya para pemegang kartu yang diterbitkan oleh bank-bank di Indonesia akan dapat bertransaksi di jaringan milik perbankan China.

“Melalui kerja sama ini diharapkan tidak hanya para wisatawan namun juga para pebisnis China akan menikmati kemudahan untuk melakukan tarik tunai dimana saja di seluruh pelosok Indonesia”, ungkap Rico.

Hingga akhir 2014, Bank Mandiri akan menempatkan 15.444 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia . Saat ini selain pemegang kartu Bank Mandiri, pemegang kartu bank yang tergabung dalam jaringan ATM LINK, ATM Bersama dan Prima, serta pemegang kartu internasional yang berlogo Visa dan Master telah dapat melakukan transaksi perbankannya melalui Mandiri ATM.

Dengan semakin beragamnya pengguna Mandiri ATM, maka pada 2015 secara bertahap Mandiri akan merubah tampilan ATM yang lebihuser friendlydanpersonalizedbagi penggunanya.Sementara Chairman China UnionPay, Shi Wenchao menyatakan, seiring untuk merealisasikan strategi “Jalan Sutra Bahari (Maritime Silk Road)”, hubungan perdagangan dan pertukaran sumber daya manusia kedua Negara, China dan Indonesia semakin erat.

Dengan menggunakan kesempatan ini, UnionPay secara aktif mendorong pihak di Indonesia yang berkaitan dengan industri kartu dan bisnis kartu UnionPay untuk memperluas lingkup kerja sama dan juga memperdalam hubungan kerja sama. Dengan cara yang inovatif, mempercepat pengembangan bisnis lokal di Indonesia, memberikan layanan yang lebih baik bagi pemegang Kartu UnionPay, disaat bersamaan juga mendukung perkembangan bisnis kartu bank di Indonesia.

Saat ini, UnionPay telah menerbitkan kartu lebih dari 4,7 miliar kartu di seluruh dunia. Ke depan, UnionPay International akan bekerjasama dengan Bank Mandiri, mengeksplorasi lebih lanjut untuk menerbitkan kartu lokal, online payment dan area kerja sama lainnya seperti penerimaan kartu UnionPay pada mesin POS Bank Mandiri.

Dengan perputaran jumlah wisatawan dan pebisnis China hingga kurang lebih 700 ribu jiwa pada 2014, dan ini merupakan potensi yang sangat baik di masa mendatang. Seiring dengan free entryVisa yang akan diberlakukan mulai tahun depan, secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah wisatawan maupun pebisnis China untuk datang ke Indonesia dan akan lebih leluasa untuk berinvestasi di Indonesia. [ardi]