Dimulainya Babak Baru Speaker Pintar

Sabtu, 06/12/2014

Salah satu pabrikan gadget ini memang tidak henti-hentinya membuat perangkat elektronik dengan teknologi yang sangat canggih. Sukses meluncurkan produk tablet, Amazon kembali tergoda meluncurkan gadget baru. Jika sebelumnya mereka gencar meluncurkan e-book reader, kini produk teranyarnya adalah Amazon Echo, speaker Bluetooth ini akan menjadi teman yang pintar saat kita bersantai atau berkerja. Speaker Bluetooth ini nantinya akan menemani kita mengobrol.

Pertintah suara atau asisten digital menjadi rahasia di balik kecanggihan Echo speaker Bluetooth ini. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa speaker Bluetooth ini harus tersambung dahulu dengan smartphone, ternyata tidak. Kita tidak perlu menyambungkannya dengan perangkat smartphone, asisten digitalnya bisa langsung digunakan. Seperti Siri, Google Now atau Cortana dari Microsoft, asisten digital Amazon Echo juga memiliki nama yang tidak kalah cantik yaitu Alexa.

Menggunakannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyebutkan namanya, pengguna bisa langsung meminta Alexa untuk melakukan pencarian atau menjalankan aplikasi. Seperti misalnya bertanya kondisi cuaca hari ini, memerintahkan untuk memutar musik dengan menyebutkan judul lagu yang diinginkan. Tidak hanya itu, kita pun dapat meminta Alexa untuk mengatur alarm di pagi hari ataupun meminta Alexa untuk melakukan pencarian di Wikipedia tentang apa yang ingin kita ketahui.

Amazon sendiri mengklaim Amazon Echo juga bisa menangkap perintah suara dari pengguna dengan sangat baik sekali, bahkan Amazon Echo bisa mengenali suara pengguna saat pengguna mendengarkan musik dengan cukup keras. Ini semua berkat hadirnya teknologibeam-formingdan 7 buah mikrofon yang tersemat di balik desain silindernya. Dengan begitu, Amazon Echo bisa menangkap perintah suara pengguna dari segala arah. Selain itu, Amazon Echo juga mampu menyajikan suara 360-derajat melalui tweeter miliknya yang berdimensi 2-inci dan woofer 2.5-inci untuk mendongkrak performa suaranya di frekuensi rendah tanpa distorsi.Tidak seperti speaker Bluetooh kebanyakan, Amazon Echo tidak dilengkapi dengan baterai isi ulang. Ini menjadikannya tergantung pada colokan listrik dan tidak bisa dibawa berpergian.

Dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth, Amazon Echo bisa terhubung ke perangkat Android atau iOS dan telah tersedia juga aplikasi pendukungnya untuk mengatur berbagai setting. Menggunakan koneksi Wi-Fi, Amazon Echo juga dapat memutar lagu langsung dari Internet menggunakan layanan musik digital seperti Amazon Music, Prime Music, iHeartRadio, TuneIn, Spotify, atau Pandora. Sayangnya semua layanan ini belum tersedia resmi di Indonesia. Amazon Echo dibanderol dengan harga sekitar Rp2.400.000.