Bedah Robotic Jadi Unggulan RS Bunda Jakarta

Sabtu, 06/12/2014

RS Bunda Jakarta yang mengedepankan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik ditunjang dengan penyediaan fasilitas berbasis teknologi termutakhir, ini telah terbukti RS Bunda Medik Healthcare System terbukti telah melewati pencapaian 100 kasus pertama Bedah Robotic yang telah ditangani oleh Tim dokter advanced robotic and minimally invasive surgery (ARMIS).

NERACA

Saat ini, RS Bunda telah menjadi rumah sakit yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi saat ini dengan penerapan tanggap teknologi dalam berbagai fasilitas kesehatan dan kedokteran yang dimiliki serta menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi Bedah Robotic ke pada masyarakat modern Indonesia.

Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi, PT BundaMedik, Dr.Ivan R. Sini mengatakan, hanya dalam kurun waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 2 tahun ini, RS Bunda Jakarta telah menangani 100 kasus pertama Bedah Robotic. Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat menggembirakan bagi kami.

Dr. Ivan mengatakan, sebagai pusat pelayanan yang memiliki misi dan visi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik, RS Bunda Jakarta selalu mengedepankan fasilitas berbasis teknologi muktahir yang memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan teknologi yang sudah out of date.

“Memang tugas kami, para tenaga kesehatan dan kedokteran untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan jasa kesehatan dan kedokteran yang memberikan manfaat terbaik bagi para pasien,” cetus Dr. Ivan dalam seminar Robotic Surgency Gatrhering yang diselengarakan oleh RS Bunda di Double Tree by Hilton Hotel Jakarta, Selasa (02/12).

Bedah Robotic adalah pembedahan teknologi tangan Robotic yang menjadi kepanjangan tangan dokter bedah. Tindakan ini menggunakan luka sayatan yang sangat kecil yang dihubungkan ke dokter bedah melalui serat menjadi fiberoptic ke Suregon Consult(simulator). Alat-alat canggih ini tetap dioperasikan oleh dokter bedah dengan kontrol sepenuhnya (Bukan oleh robot) .

Sejak diperkenalkan awal tahun 2012 lalu, teknologi Bedah Robotic telah menjadi pilihan pasien dalam melakukan proses pembedahan. Tindakan ini efektif,efisien dan menguntungkan bagi pasien karena dapat mengurangi luka sayatan (kosmetik) meningkatkan ketepatan dan akurasi yang tinggi sehingga memberikan hasil operasi yang optimal.

Selain itu, masih banyak keuntungan dari Bedah Robotic lainnya yang dapat dinikmati pasien antara lain dapat mengurangi resiko cedera yang terjadi memberikan kemudahan untuk dokter yang bedah memastikan adanya kesulitan serta dapat mencakup daerah-daerah yang sulit terlihat Dan meminimalkan trauma paksa operasi.

Rasa nyeri yang minimal dan pemulihan yang sangat cepat menjadikan Bedah Robotic sebagai alasan memilih bagi para pasien selama ini. Hal ini terbukti dengan masa pulih yang sangat cepat untuk operasi-operasi yang relatif kompleks selama ini.

Meskipun teknologi Bedah Robotic belum dapat dipergunakan pada semua proses operasi terkait biaya, namun teknologi Bedah Robotic terbukti efektif Dan tepat dipergunakan pada kasus-kasus yang kompleks seperti operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim dan pembedahan usus.

Sedangkan pembedahan robotic di RS Bunda Jakarta selama ini menunjukkan rata-rata kepuasan terhadap outcome/hasil baik dari sisi pasien maupun Dari sisi dokter bedah. Tetapi perlu diingat bahwa tidak ada jaminan sepenuhnya untuk keberhasilan operasi Robotic apa lagi bila dilakukan pada operasi beresiko tinggi.

“Risiko dan komplikasi operasi akan selalu ada dalam setiap tindakan medis. Namun, diharapkan dengan pembedahan Robotic ini risiko tersebut dapat di minimalisir,” kata Ivan.

Di awal perjalanannya meskipun belum banyak yang mengetahui keuntungan dari bedah Robotic tersebut, namun dengan menerapkan strategi pengenalan dan pemahaman terhadap bedah Robotic secara intensif kepada para pasien serta penelitian terpadu kepada tim dokter ARMIS yang dilakukan oleh RS Bunda Jakarta akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan, dengan mulai tingginya kesadaran pasien bedah yang mempercayakan operasi bedahnya menggunaka bedah Robotic sebagai alternatif terbaik dalam mengurangi risiko operasi.