Ajari Anak Kelola Uang Sedini Mungkin

Kolaborasi Citibank dan Bank DKI

Sabtu, 06/12/2014

Minimnya tingkat literasi keuangan masyarakat di Indonesia membuat banyak bank terus bergerak aktif melakukan edukasi hingga ke tingkat Sekolah Dasar. Berbeda dengan kemasan pendidikan keuangan lainnya, bank DKI bersama Citibank Indonesia melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya), penjelasan mengenai produk keuangan yang cukup rumit disajikan dalam bentuk pertunjukan teater yang bersifat menghibur, interaktif, dan edukatif dari Teater Koma.

NERACA

Berdasarkan hasil survei literasi keuangan nasional yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2013, menunjukkan hanya 21,8% responden yang sudah punya pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan dalam menggunakan produk dan layanan keuangan. Bahkan di kalangan pelajar, hasil survei nasional menunjukkan bahwa hanya 28% pelajar atau mahasiswa yang memiliki tingkat literasi yang baik, dengan tingkat utilisasi sebesar 44%.

Menanggapi hal tersebut, Citibank Indonesia, tepat 26 November lalu menandatangani kerjasama dengan Bank DKIdan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakartauntuk menghadirkan program edukasi pendidikan keuangan dini kepada muridsekolah dasar dilima wilayah DKI Jakarta. Penjelasan mengenai produk keuangan yang cukup rumit disajikan dalam bentuk pertunjukan teater dari Teater Koma.

Program ini mendapat dukungan penuh dariPemerintah Provinsi DKI Jakarta dan akan diselenggarakan selama periode 2014 hingga 2015 mendatang.Programini selaras dengan program pemerintah ”Ayo Menabung”dengan tujuanuntuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.

Citi Country Officer, Citibank IndonesiaTigor M. Siahaan menuturkan, melihat kondisi tersebut, Citibank Indonesia, sebagai salah satu penasihat keuangan terpercaya di Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan terus berinisiatif dan berinovasi dalam menggulirkan berbagai program dan kegiatan finansial yang sifatnya mendukung pendidikan keuangan dasar kepada masyarakat

“Hal ini juga sejalan dengan program OJK tentang literasi keuangan yang mendukung peran perbankan untuk menjalankan program literasi keuangan tersebut. Penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu pengembangan dan langkah penting Citibank dan Bank DKI untuk mewujudkan komitmen tersebut,” ujar dia

Kerjasama ini nantinya diwujudkan dalam rupa program pertunjukan teater yang menghibur, interaktif dan edukatif yang memberikan informasi dan pengetahuan keuangan dasar, serta memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman pelajar kelas V dan VI SD terhadap keuangan.

Citibank Indonesia melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya),bekerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia dan Teater Koma menghadirkan pementasanPetualangan Agen Pennyyang disadur dari komik dengan judul yang sama. Pementasan petualangan Agen Penny telah dipentaskan di beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Jepang serta Amerika dan Eropa ini merupakan salah satu stimulus bagi anak-anak sekolah untuk bisa melakukan perencanaan keuangan sejak dini.

Selain memberikan pertunjukan teater yang berisi informasi dan pengetahuan dasar keuangan dari Citibank Indonesia, Bank DKI turut memberikan pengetahuan keuangan mengenai produk dan layanan perbankan kepada para murid sekolah dasar salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk memulai menabung dengan membuka rekening TabunganKu dari Bank DKI secara langsung.

Direktur Utama PT. Bank DKIEko Budiwiyono mengatakan bahwa bank DKI sangat mendukung program literasi edukasi keuangan Indonesia tersebut yang selama ini juga sudah menjadiconcernBank DKI dan sudah dilakukan oleh Bank DKI pada program KOBAR Bank DKI. Bersama Citi Peka dalam “Petualangan Agen Penny”, Bank DKI berharap agar tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk-produk keuangan makin meningkat khususnya dimulai dari anak usia dini.

"Dengan materi serta pengetahuan dasar keuangan yang disampaikan oleh Citibank bersama Bank DKI dan memiliki pengalaman langsung terhadap produk dan layanan bank yang kami sediakan untuk para pelajar, kami optimis para pelajar sekolah dasar ini dapat memiliki pemahaman dan kemampuan manajemen keuangan yang lebih baik dalam upaya mengimplementasikannya kepada rencana keuangan pribadi mereka di masa depan," ujar Direktur Utama PT Bank DKI,Eko Budiwiyono.

Pada kesempatan yang sama, Bank DKI juga membagikan tabungan masing-masing sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) kepada 10 siswa berprestasi dari 5 sekolah dasar yang turut hadir dalam acara penandatanganan kerjasama tersebut.

“Kami sangat mendukung dan turut bangga melihat inisiatif dan kolaborasi bersama dari Citibank serta Bank DKI untuk turut memperhatikan perkembangan pengetahuan keuangan di tingkat sekolah dasar melalui program menarik seperti ini. Kami sangat bersemangat untuk membantu memberikan dukungan dalam menyebarluaskan pengetahuan keuangan ke lebih banyak anak dan sekolah sehingga manfaat program ini dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas lagi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta,Lasro Marbun.