Rifat Sungkar Gelar Co Driver Experience

Sabtu, 06/12/2014

NERACA

Setelah bertarung sengit dalam seri terakhir Kejurnas Speed Offroad pada Sabtu dan Minggu kemarin, 1 Desember 2014, PT Pertamina Lubricants bersama dengan Rifat Sungkar menggelar acara Co Driver Experience.

Harapannya adalah dari satu kegiatan pada hari ini, akan ada kelanjutanberupa kegiatan-kegiatan serupa yang pada akhirnya akan menumbuhkan keinginan khususnya anak-anak muda menjadi seorangco driverhandal.

Rifat mengakui bahwa peran seorangco driveritu sangatlah penting bagi dirinya. Sayangnya, seringkali seorangco drivertidak begitu dikenal atau dihargai sepertisidriver. Sebagai contoh, sebuat sajanama Sebastian Loebyangmungkin sudah tidak asing bagi para penggemar olahraga otomotif, khususnya dunia reli.

Menurut Rifat, pentingnya seorangco driverbagi dirinya. Bahkan Rifat menganalogikan seorangco driveritu bagaikanpacar bagi seorang atlit otomotif seperti dirinya. Menurut Rifat, pebalap dan seorangco driveritu harus memiliki hubungan yang harmonis.

Dalam balapan,co driveruntuk sprint rally, speed rally maupun speed offroad pada dasarnya tidaklah jauh berbeda. Yang membedakan hanyalah jarak tempuh dan staminanya. “Untuk reli, dibutuhkan stamina yang lebih tinggi karena jarak tempuh yang harus dilalui hampir 500 kilometer setiap harinya, sedangkan offroad hanya sekitar 15 kilometer,” jelas Rifat Sungkar.

Sebagai pebalap yang sudah berlaga di kancah internasional, Rifat juga memiliki pengalaman unik tentangco drivernya. “Intinya bahwa semua orang pernah buat kesalahan, Saya pernah salah mengertimaksudco driversaya, yang akibatnya mobil saya terjun ke jurang sedalam 15 meter di China. Namun denganco driveryang sama pula, saya tiba 6 menit lebih cepat saatcheck in,” ungkap Rifat.

Perkembanganco driversendiri baik di dalam maupun di luar negeri tidaklahjauh berbeda. Rifat menuturkan “Yang paling penting adalah berapa banyaknya event yang digelar, sehingga mampu memunculkan banyak pebalap danco driveryang baru,” kata Rifat.