Trafik SMS Indosat Tembus 33% - Melonjak Saat Lebaran

NERACA

Jakarta---Lebaran ternyata bukan cuma arus kendaraan yang naik. Namun lalulintas, alias trafik pesan pendek (SMS) Indosat selama H-Lebaran naik 33% menjadi 958 juta dibanding hari biasa. "Terjadi peningkatkan trafik di hampir semua layanan baik suara (voice), maupun data. Namun, yang tertinggi adalah SMS," kata Director and Chief Technology Officer PT Indosat Tbk, Hans C Moritz di Jakarta, Rabu, 7/9.

Selain peningkatan SMS, kata Hans, kenaikan trafik suara tertinggi juga terjadi pada H-1 sebesar 412,3 juta menit atau naik 28,2% dibanding trafik hari biasa. Sementara untuk trafik komunikasi data mencapai 29,33 terabyte/hari atau melonjak 13,5% dibanding trafik hari biasa.

Lebih lanjut Hans menilai, jaringan telekomunikasi Indosat sukses melayani pelanggan dengan baik selama masa Mudik dan Lebaran 2011. Buktinya, Indosat mampu melayani peningkatkan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan.

Menurut Hans, kesiapan jaringan dengan peningkatan kapasitas baik suara, SMS maupun data yang telah dipersiapkan jauh hari, berhasil mengantisipasi lonjakan trafik, sehingga pelanggan Indosat dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman dan lancar.

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi, khususnya untuk suara, Hans menyatakan, Indosat meningkatkan kapasitasnya menjadi 14 juta Erlang/hari. Sementara untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,2 miliar SMS/hari dan untuk data meningkat menjadi 100 terabyte/hari.

"Kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dalam situasi apapun merupakan prioritas kami. Masa-masa terjadinya lonjakan trafik menjadi perhatian kami agar pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan lancar selama masa Mudik dan Lebaran 2011," kata dia.

Dia menambahkan, tingkat keberhasilan pengiriman SMS antarpelanggan Indosat mencapai lebih dari 97,7% dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator mencapai sekitar 97,2%. Ini berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain.

"Sementara tingkat keberhasilan pangilan suara mencapai lebih dari 90 persen dan data mencapai lebih dari 99%," tukas dia.

Kenaikan trafik telekomunikasi secara umum tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan untuk suara. Sedangkan daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Timur merupakan wilayah yang mengalami kenaikan trafik SMS tertinggi.

"Keberhasilan kami melewati masa sibuk trafik telekomunikasi ini juga tidak lepas dari dukungan SDM yang berada di Tim Jaringan dengan pemantauan performansi jaringan melalui Lebaran Command Center sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus - 1 September 2011 selama 24 jam," pungkasnya. **cahyo

BERITA TERKAIT

Indosat Realisasikan Obligasi Rp 2,71 Triliun

Hasil penerbitan obligasi berkelanjutan II PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) tahap III sebesar Rp 2,71 triliun telah direalisasikan oerseroan untuk…

Kelola Reksadana Bakal Tembus Rp 500 Triliun

NERACA Jakarta – Selalu masih ada keyakinan pasar saham akan kembali pulih dan juga pasar obligasi menjadi alasan bagi sebagian…

Ramayana Catatkan Penjualan Tumbuh 3,9% - Berkah Ramadan dan Semarak Lebaran

NERACA Jakarta – Di paruh pertama tahun ini, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 3,9% atau…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Gelombang Penolakan Akuisisi Pertagas oleh PGN

      NERACA   Jakarta - Gelombang penolakan terhadap keputusan pemerintah untuk mengakuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) oleh PT…

Teknologi Samsung untuk Penggemar Olahraga

  NERACA Jakarta – Masyarakat mulai mengganderungi olahraga. Berbagai macam jenis olahraga pun dilakoni asalkan mengeluarkan keringat. Hadirnya teknologi turut…

Aver Tawarkan Kemudahan Kolaborasi Di Era Digital

      NERACA   Jakarta - Pertumbuhan pesat dari industri digital di Indonesia telah mendorong munculnya tren Virtual Office,…