Tips Gunakan Email Secara Mudah Dan Sehat

Sabtu, 29/11/2014

Email memang menjadi salah satu yang sangat penting saat ini dalam menunjang pekerjaan, tentunya dalam mempermudah kegiatan komunikasi, entah itu pribadi ataupun kantor. Kemajuan teknologi akhirnya membuat manusia menjadi mudah dalam melewati rutinitas pekerjaan sehari-hari. Email juga memiliki peranan yang cukup penting dalam menyimpan data, karena itu sebagian orang menjadikan emailnya suatu pribadi atau sangat rahasia.

Tidak hanya itu saja, kini segala kegiatan yang ada pada internet memang membutuhkan akun email untuk mempermudah, seperti beberapa jejaring sosial yang menjadikan akun emailnya sebagai syarat saat ingin mendaftar. Email sendiri umumnya digunakan untuk mengirim dan menerima pesan melalui internet, email digunakan juga untuk mengirim dan menerima file berupa teks, gambar dan video.

Namun masih banyak yang belum bisa menggunakanya walaupun berhasil membuatnya atau memiliki email. Penggunaan email sangatlah mudah, ada beberapa langkah awal dalam menggunaan email.

Melakukan log in

Langkah awal dalam menggunakan email memang melakukan log in terlebih dahulu. Buka alamat provider email kita, seperti Yahoo, Gmail atau yang lain. Lalu cari kata Log In atau Masuk. Setelah memasukkan akun email dan password kita di kotak yang telah disediakan. Jika menggunakan komputer publik seperti warnet, jangan centang pilihan “selalu log in” atau “always log in” karena setelah kita keluar dari warnet maka akun kita dapat digunakan oleh orang lain.

Menulis surat

Setelah melakukan log in dan berhasil masuk, kita dapat mengklik “tulis surat” atau “write new email” atau “compose” maka akan terbuka halaman yang berisi sebuah form. Pada kolom paling atas, yakni To atau kepada, masukkan alamat email orang yang ingin kita kirimi surat. Periksa kembali alamat email tujuan anda karena jika salah bisa menyasar pada orang lain atau kembali kepada anda. Untuk kolom CC artinya carbon copy yang artinya kita mengirim email ke banyak orang dengan isi yang sama. CC boleh tidak diisi. Mengenai subyek, tentu saja ini adalah judul surat anda yang memudahkan orang untuk mengenali isi surat sebelum membukanya.

Mengunggah file

Dalam sebuah email, kita memang diperbolehkan mengirim atau mengunggah file, namun jumlahnya tetap dibatasi. Jika kita ingin menambahkan file pada email kita, kita dapat mengunggahnya terlebih dahulu sebelum dikiriman. Carilah kata “masukkan lampiran” atau “lampirkan berkas” atau “attachment” lalu pilih file di tempat yang kita simpan. Jenis file yang bisa dikirimkan pun memang dibatasi, umumnya memang file-file yang biasa digunakan orang kebanyakan, seperti file-file ms.word.

Menulis Pesan

Setelah kita mengunggah file, kita juga dapat menulis pesan di kotak pesan utama, umumnya memang pesan yang dituliskan adalah pesan mengenai apa yang telah diunggah. Namun ada pula yang memang suka menulis di kotak pesan utama karena lebih cepat dan mudah dibaca oleh orang yang menerima pesan kita. Selain itu kita juga tidak perlu menyunting pesan yang kita unggah.

Mengirim Email

Dalam mengirim email kita harus memerhatika mulai dari alamat tujuan, judul email, lampiran berkas atau file serta isi badan surat. Setelah kita rasa cukup, kita bisa menekan tombol send atau kirim. Sekianlah beberapa cara singkat dan mudah dalam menggunakan email, gunakanlah email kitasecara bijak dan aman.