Saldo Mendadak Hilang, Mohon Keadilan Bank Mandiri

Kamis, 27/11/2014

Saat saya ingin melakukan transaksi penarikan uang sebesar Rp 500 ribu (27/09) di ATM Mandiri Pejaten sekitar pukul 1 siang.dan ketika memasukkan nominal uang,kartu keluar lagi. Pada layar ATM bertuliskan bahwa ATM tidak dapat digunakan.Lalu saya pindah ke ATM yang lain untuk transaksi,namun mesin ATM menyatakan jika kartu tidak dapat digunakan.

Call centre 14000 yang saya hubungi mengatakan bahwa nomor kartu ATM yang saya sebutkan bukan atas nama saya dan tidak ada saldonya.Saya meminta untuk blokir kartu dan memeriksa saldo tabungan saya yang ternyata telah berkurang Rp 103.000.000.

Transaksi terakhir yang dilakukan adalah pembelian handphone di salah satu toko Kalibata Mall. Saya langsung menuju ke sana dan dibenarkan telah terjadi transaksi pembelian handphone sekitar Rp 33 juta memakai kartu saya.

Tanda tangan pada struk yang ditunjukkan oleh toko tersebut ternyata bukan tanda tangan saya. Saya langsung melaporkan kejadian ini ke Bank Mandiri cab Pondok Indah Mall 2 (28/09) sesuai dengan surat keterangan dari Polisi.

Seminggu kemudian saya menerima informasi bahwa laporan saya ditolak Bank Mandiri dengan alasan transaksi normal. Saya mengajukan banding dan meminta CCTV dari Mandiri.Bank Mandiri memberikan surat yang menyatakan tidak mau bertanggung jawab karena ini kesalahan nasabah yang tidak langsung memblokir kartu saat tertelan.Padahal yang saya laporkan disini bahwa kartu saya tidak tertelan, karena keluar lagi kartu gold dari ATM yang ternyata bukan kartu saya.

Bagaimana bisa ATM Mandiri mengeluarkan kartu yang bukan kartu saya, padahal saat memasukkan kartu adalah kartu saya.Bagaimana bisa mesin ATM tidak dapat digunakan, tetapi ternyata terjadi transaksi memakai kartu saya di waktu yang bersamaan setelah saya gagal transaksi?.Apakah ATM yang tidak dapat digunakan bisa digunakan orang lain yang menyebabkan uang saya lenyap dalam waktu beberapa menit?

Saat ini, kartu yang keluar dan bukan punya saya ada di Polsek Pasar Minggu sebagai barang bukti.Apa lagi yang harus saya lakukan untuk mendapatkan keadilan dari Bank Mandiri?

Ajeng

jeng_ki@yahoo.co.id