Panin Bidik Dana Kelola Tumbuh 20%

Rabu, 26/11/2014

PT Panin Asset Management (PAM), anak usaha PT Panin Sekuritas, optimistis mampu membukukan dana kelolaan (asset under management/AUM) sekitar Rp 18 triliun pada 2015, naik 20% dibandingkan estimasi tahun ini Rp 15 triliun. Sedangkan nasabah reksa dana ditargetkan tumbuh dua kali lipat dari jumlah saat ini sebanyak 40.000 nasabah.

Sekretaris Perusahaan Panin Sekuritas, Prama Nugraha mengatakan, hingga September, dana kelolaan reksa dana PAM sudah mencapai Rp 12 triliun atau setara 80 persen dari target sepanjang tahun ini. “Kami yakin menjadi Rp 15 triliun di akhir 2014, dan mencapai Rp 18 triliun pada tahun depan,” ujar Prama di Jakarta, kemarin.

Dirinya menjelaskan, saat ini PAM memiliki nasabah reksa dana sekitar 40.000 akun, dan diharapkan tumbuh dua kali lipat pada 2015 menjadi 80.000 nasabah. Saat ini, 90 persen nasabah Panin adalah investor reksa dana campuran, sedangkan 10 persen sisanya merupakan nasabah reksa dana pendapatan tetap.

Menurut Prama, pasar reksa dana bakal kian menjanjikan pada tahun depan. Kondisi ini menyusul optimistime pasar terhadap ekonomi Indonesia yang diperkirakan semakin stabil pada 2015. Perseroan bakal agresif sosialisasi produk reksa dana guna menggenjot jumlah nasabah. Panin menyasar nasabah mulai dari kalangan karyawan sampai akademisi.“Kami selalu edukasi ke para nasabah mengenai bentuk investasi yang sehat. Keuntungan dari reksa dana itu bisa dinikmati dalam waktu tiga sampai lima tahun,”kata dia. (bani)