Menjelajahi Kepulauan Anambas, Surganya Alam Tropis

Sabtu, 29/11/2014

Terletak dibatas depan perairan NKRI, tempat ini menjadi salah satu surga bahari berupa gugusan kepulauan tropis terbaik di Asia. Anambas merupakan sebuah kabupaten berwujud kepulauan tropisyang berlokasi di Laut China Selatan, anambas sendiri masuk dalam Provinsi Kepulauan Riau dan hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna.

Anambas sendiri merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 255 pulau dan hanya 26 pulau saja yang berpenghuni. Anambas memiliki tujuh kecamatan yang tersebar di tiga pulau besar, yaitu Siantan, Palmatak dan Jemaja. Ibukota kabupaten Anambas sendiri berada di Terempa. Bila anda memang traveler sejati, pulau Anambas adalah kepulauan tropis yang wajib untuk disinggahi.

Kita bisa nikmati keindahan hamparan laut biru luas dihiasi laguna yang bertebaran. Berada di tempat ini, kita juga dapat menemui beragam titik menyelam dengan aneka biota laut, barisan vegetasi pohon kelapa, garis pantai sejauh kita memandang, serta sejumlah pulau yang menjadi habitat penyu seperti Pulau Keramut dan Pulau Mangkai. Keunikan kepulauan Anambas terletak pada sejumlah laguna dan danau air laut yang terpisah dari lautan.

Saat mengunjungi kepulauan Anambas jangan sampai lupa untuk mengunjungi laguna dan danau ini, tempat ini menjadi salah satu tempat terfavorit di kepulauan Anambas. Beberapa laguna tersebut seperti Pantai Selat Rangsang, Pulau Bawah, Pulau Rongkat, dan Pantai Pulau Penjalin telah dibentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas. Ketika air laut sedang surut maka gugusan beberapa pulaunya akan tersambung oleh gundukan pasir membentuk pembatas antara air laut di dalam dan di luar gugusan pulaunya.

Pasir putih dengan sebaran terumbu karang menjadi dasar laguna yang sangat menawan. Pulau-pulau di Anambas semuanya memiliki pasir pantai putih halus berkilau dan semakin indah dengan air laut yang jernih, dangkal, serta diisi terumbu karang bersama beraneka ikan. Air laut di kawasan ini sangat jernih dimana dari atas permukaan air dapat terlihat jelas sampai ke dasar laguna, termasuk ikan-ikan karang.

Ada baragam tujuan wisata dan aktivitas wisata bahari yang dapat Anda lakukan di Anambas, berikut ini beberapa dari sekian banyak pilihannya. Pulau Penjalinadalah laguna memukau yang dapat Anda sambangi dari Tarempa. Lokasinya berada di Kecamatan Palmatak. Perairannya juga tenang dihiasi bebatuan yang bertebaran, kita dapat berenang, snorkeling, atau berkano di sini. Pesisir pantainya begitu indah dengan pasir yang sangat halus berkilauan.

Pulau Selat Rangsangmempunyai pemandangan alam menawan dengan laguna dan pasir putih indah. Ada pepohonan rimbun dan pohon kelapa menghiasinya. Pesisirnya berair tenang sangat cocok untuk snorkeling, renang dan bermain sampan. Kita juga bisa mengunjungi Pulau Duraiberukuran tidak seberapa besar namun begitu memesona apalagi di sana ada tempat konservasi penyu. Saat sore hari biasanya puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai menggali pasir pantai untuk bertelur.

Berada dikepulauan maka dipastikan andalan kuliner di Anambas adalah olahan hasil laut. Beragam ikan segar siap tersaji dengan racikan bumbu khas. Sudut-sudut Kota Tarempa di Pulau Siantan adalah lokasi terbaik untuk menjelajahi kelezatan kuliner Anambas. Kita dapat menikmatinya Di pinggir pelabuhan, di sepanjang jalan utama Hang Tuah yang membelah Kota Tarempa, atau bahkan di pinggir Pasar Ikan Sinatan. Selain makanan olahan hasil laut, kita juga wajib untuk mencicipi mie tarempa yang dicampur telur, kecambah, serta potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabe serta kecap.

Ada pula nasi dagang, yaitu nasi lemak yang dibungkus daun pisang. Makanan khas Anambas ini yang biasanya disantap untuk sarapan pagi. Untuk mendapatkannya kita dapat mengunjungi kedai kopi atau kedai makan, termasuk kawasan pasar. Nasi goreng seafood khas Anambas juga nikmat disantap. Ada nasi goreng biasa dimasak dengan campuran kecap. Hampir setiap kedai atau restoran seafood di Anambas menjual kuliner khas kepulauan Anambas dan kuliner seafood yang lainnya.