BRI Menaikkan Jumlah Agen Tiga Kali Lipat

Tahun Depan

Selasa, 25/11/2014

NERACA

Jakarta -PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan untuk mencapai sebanyak 50 ribu agen pada 2015, lebih dari tiga kali lipat dibandingkan target akhir 2014 sebanyak 15 ribu agen."Jumlah agen BRILink hingga posisi Desember 2014 diharapkan tumbuh menjadi 15 ribu agen, dan pada 2015 menjadi 50 ribu agen BRILink," kata Sekretaris BRI Budi Satria di Jakarta, Senin (24/11).

Per Oktober 2014, posisi jumlah agen BRI mencapai 14.388 agen dengan jumlah transaksi mencapai 3,5 juta senilai lebih dari Rp4,1 triliun.BRILink sendiri adalah layanan keagenan BRI di mana BRI bekerja sama dengan pihak ketiga atau agen untuk melayani berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI maupun nonnasabah BRI, khususnya masyarakat yang belum terlayani oleh bank secara administratif (unbaked atau unbankable).

Budi menuturkan BRILink juga dapat melayani keuangan digital atau keuangan elektronik bagi nasabahnya."Sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yaitu Layanan Keuangan Digital (LKD), maka agen BRILink dapat melayani masyarakat untuk menyimpan dan menarik uang menggunakan uang elektronik BRI yang dinamakan T-Bank," ujar Budi.

Selain itu, lanjut Budi, agen BRILink juga dapat melayani berbagai transaksi pembayaran tagihan, pembelian pulsa seluler dan transaksi perbankan lainnya.Budi menambahkan kondisi geografis Indonesia berupa kepulauan merupakan salah satu pertimbangan utama menyusun strategi perluasan jaringan untuk menjangkau seluruh masyarakat.

Selain untuk mengoptimalkan layanan perbankan secara umum kepada nasabah, BRILink juga merupakan upaya pemberdayaan nasabah BRI terutama debitur UMKM BRI sebagai agen yang mewakili BRI dalam melayani transaksi perbankan bagi masyarakat."Dengan menjadi agen BRILink, debitur diberikan kesempatan untuk memperoleh tambahan pendapatan berupa fee yang dibayarkan oleh BRI," tandasnya. [ardi]