Wom dan BII Finance 'Ajari' Ibu Rumah Tangga

Gelar Edukasi Literasi Keuangan

Senin, 24/11/2014

NERACA

Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk bersama PT Bank Internasional Indonesia Finance mengadakan seminar sosialisasi dan edukasi industri perusahaan pembiayaan (multifinance) Indonesia kepada masyarakat di daerah Keramat Pela, Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta. Tujuan dari seminar ini adalah memperkenalkan serta memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat mengenai berbagai produk jasa keuangan dari kedua multifinance tersebut.

Sebagai informasi, Wom Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang menjual seluruh merek sepeda motor baru, sedangkan BII Finance adalah perusahaan pembiayaan yang menjual seluruh merek mobil baru.

Arief Hartanto, Area Marketing Manager Honda Wom Finance, mengatakan sosialisasi dan edukasi ini diadakan supaya masyarakat lebih memahami pengelolaan keuangan, khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah dan ibu rumah tangga. Selain itu, pihaknya berkomitmenmeningkatkan kesadaraan dan minat masyarakat terhadap layanan keuangan.

“Antusias masyarakat cukup besar. Ada yang bertanya mengenai bunga cicilan, kemudahan penyetujuan pembelian motor hingga klaim asuransi karena motor hilang misalnya. Ini semua kami jelaskan supaya mereka (masyarakat) paham,” ujar Arief di Jakarta, Jumat (21/11) pekan lalu.

Pada kesempatan yang sama, Hendra Satia Ditama selaku Legal and Compliance Department Head PT BII Finance mengungkapkan, pada 2015, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi di empat tempat. Dan hal itu, sambung Hendra, akan dilakukan secara kontinyu.

“Tahun ini baru dua dari empat tempat yang kami targetkan. Di sini (Gandaria) adalah yang kedua, sebelumnya di Universitas Trisakti. Segmentasi kita fokus untuk UMKM dan ibu rumah tangga. Tahun depan yang sudah setuju adalah Universitas Pancasila dan Universitas Indonesia. Sisanya masih kita survey,” jelasnya.

Sosialisasi dan edukasi ini mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen, di mana setiap perusahaan di industri keuangan wajib melakukan edukasi dan literasi jasa keuangan kepada masyarakat. [ardi]